Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Jokowi Wajibkan Perusahaan Sawit & Tambang Bikin Fasilitas Persemaian

Presiden Jokowi akan mewajibkan perusahaan sawit dan tambang untuk membuat fasilitas persemaian.
Ahmad Thovan Sugandi
Ahmad Thovan Sugandi - Bisnis.com 19 November 2021  |  20:14 WIB
Presiden Jokowi mengajak sejumlah dubes negara sahabat meninjau Persemaian Modern Rumpin, di Bogor, Jawa Barat, Jumat (19/11/2021) pagi. - BPMI Setpres - Muchlis Jr
Presiden Jokowi mengajak sejumlah dubes negara sahabat meninjau Persemaian Modern Rumpin, di Bogor, Jawa Barat, Jumat (19/11/2021) pagi. - BPMI Setpres - Muchlis Jr

Bisnis.com, BOGOR - Pemerintah berencana menambah fasilitas persemaian di berbagai daerah dan mengharuskan semua perusahaan sawit dan tambang untuk membuat fasilitas tersebut sebagai upaya perbaikan lingkungan.

Presiden Joko Widodo menjelaskan fasilitas persemaian tersebut nantinya akan dikelola oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Hal tersebut disampaikan saat meninjau Persemaian Modern Rumpin yang terletak di Kecamatan Rumpin, Kabupaten Bogor.

"Ke depan saya akan mengharuskan, memaksa semua perusahaan sawit dan tambang untuk menyiapkan fasilitas persemaian seperti ini," katanya, Jumat (19/11/2021).

Jokowi berharap pada Januari 2022 bibit pohon dapat mulai disebar ke berbagai tempat. Persemaian tersebut dapat menghasilkan 1 juta pohon dalam satu bulan atau 12 juta pohon dalam satu tahun.

Kepala Negara menerangkan pohon-pohon yang sedang disemaikan akan ditanam di daerah rawan longsor, banjir dan rehabilitasi lahan kritis. Keberadaan pohon diharapkan mampu mengurangi bencana-bencana tersebut.

Dalam peninjauan tersebut, sejumlah duta besar (dubes) negara sahabat juga akan turut serta. Para dubes tersebut turut bergabung sejak dari Istana Bogor.

Para dubes yang hadir antara lain Duta Besar Inggris untuk Indonesia Owen Jenkins, Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia Sung Yong Kim, Duta Besar Kanada untuk Indonesia Cameron MacKay, Duta Besar Uni Eropa untuk Indonesia Vincent Piket, dan Country Director Bank Dunia Satu Kahkonen.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi
Editor : Rio Sandy Pradana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode Bisnis Indonesia Logo Epaper
To top