Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Target Produksi 10 Juta Kilo Liter Biofuel Bisa Tercapai pada 2022, Asalkan..

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral memaparkan penyerapan bahan bakar nabati atau biofuel hingga akhir tahun ini diperkirakan melebihi target 9,2 juta kiloliter. 
Rayful Mudassir
Rayful Mudassir - Bisnis.com 17 November 2021  |  20:18 WIB
Target Produksi 10 Juta Kilo Liter Biofuel Bisa Tercapai pada 2022, Asalkan..
Ilustrasi
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Produksi bahan bakar nabati (BBN) diproyeksikan dapat menembus target 10 juta kilo liter pada 2022 apabila pandemi mereda pada tahun depan.  

Direktur Eksekutif Energy Watch Mamit Setiawan menilai Covid-19 ikut mempengaruhi produksi biofuels termasuk penyerapan dalam negeri. Kondisi ini krusial untuk menentukan target tahun depan. 

“Kalau sudah berjalan normal baik mendekati normal dengan tetap memperhatikan faktor keselamatan dan kesehatan, saya kira realistis [target 10 juta kilo liter],” katanya kepada Bisnis, Rabu (17/11/2021). 

Meski begitu, pemerintah harus mengatur tata kelola biodiesel terlebih dulu untuk mencapai target tersebut. Pasalnya selama ini harga FAME masih terbilang tinggi sehingga pengembangan bahan bakar nabati dapat terhambat. 

Dia menilai tingginya harga FAME akan memberikan beban biaya tersendiri dalam pengembangan biofuel. Melalui tata kelola tersebut, pengembangan biodiesel dapat berkembang dengan baik, bahkan menjadi potensi ekspor. 

“Misalnya tidak terserap biodiesel di dlm negeri, kita punya opportunity ekspor ke negara tetangga,” terangnya. 

Sebelumnya, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memaparkan penyerapan bahan bakar nabati atau biofuel hingga akhir tahun ini diperkirakan melebihi target 9,2 juta kiloliter. 

Kondisi ini diakibatkan meningkatnya mobilitas masyarakat seiring dengan pemulihan ekonomi sejak beberapa bulan terakhir. Berdasarkan rencana umum energi nasional (RUEN), kapasitas BBN akan ditingkatkan menjadi 10 juta kiloliter pada 2022. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kementerian esdm biofuel Biodiesel
Editor : Amanda Kusumawardhani
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top