Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Google Proyeksi Nilai Ekonomi Digital Indonesia Capai US$146 Miliar pada 2025

Proyeksi nilai ekonomi digital yang lebih tinggi didorong akselerasi adaptasi digital oleh dunia usaha.
Ilustrasi Google./Antara-Reuters
Ilustrasi Google./Antara-Reuters

Bisnis.com, JAKARTA — Google memproyeksikan nilai ekonomi digital Indonesia pada 2025 dapat mencapai US$146 miliar. Proyeksi itu telah direvisi menjadi lebih tinggi, seiring terjadinya akselerasi adaptasi digital oleh dunia usaha.

Government Affairs and Public Policy Google Indonesia Danny Ardianto menjelaskan bahwa hal tersebut tercantum dalam riset ekonomi digital Asia Tenggara oleh pihaknya bersama Temasek. Dalam riset itu, terdapat kajian khusus mengenai Indonesia.

Danny menjelaskan bahwa pada tahun ini, nilai ekonomi digital Indonesia mencapai US$70 miliar. Jumlah tersebut tumbuh hingga 49 persen (year-on-year/YoY) dari capaian 2020 senilai US$47 miliar.

Menurutnya, pertumbuhan pesat adaptasi digital yang terjadi pada tahun tahun ini membuat Google merevisi proyeksi nilai ekonomi digital Indonesia pada empat tahun ke depan. Pandemi Covid-19 dinilai berpengaruh terhadap percepatan adaptasi ekonomi digital.

"Kami terus merevisi lagi, bahkan untuk 2025 tadinya US$124 miliar menjadi US$146 miliar," ujar Danny pada Senin (15/11/2021).

Dia menjabarkan bahwa banyak sektor industri yang sebelumnya belum menggunakan teknologi digital, kini terakselerasi untuk mengembangkan bisnisnya dengan dukungan teknologi. Hal tersebut terjadi bukan hanya di bisnis skala besar, tetapi juga usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Adaptasi teknologi semakin terakselerasi dengan terus tumbuhnya perusahaan rintisan (start up). Selain itu, Danny pun melihat bahwa banyak industri tradisional, seperti pendidikan dan keuangan, yang semakin memanfaatkan teknologi digital dalam pengembangan usahanya.

"Biofarma kemarin kita lihat, Pertamina juga banyak menggunakan teknologi cloud. Jadi prinsipnya kami mendukung baik untuk pertumbuhan ini," ujar Danny.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper