Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kemenhub Resmikan Bus Trans Mamminasata di Makassar, Ini Rutenya

Kemenhub meresmikan Bus Trans Mamminasata yang melayani empat rute dengan 261 titik halte di Makassar.
Rahmi Yati
Rahmi Yati - Bisnis.com 14 November 2021  |  11:34 WIB
Ilustrasi. Teman Bus sebagai bagian implementasi program Buy the Service (BTS) Kementerian Perhubungan untuk menunjang mobilisasi masyarakat perkotaan.  - TemanBus
Ilustrasi. Teman Bus sebagai bagian implementasi program Buy the Service (BTS) Kementerian Perhubungan untuk menunjang mobilisasi masyarakat perkotaan. - TemanBus

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat meresmikan layanan Teman Bus melalui Program Buy The Service (BTS) pada Trans Mamminasata di Kota Makassar.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Budi Setiyadi mengatakan kehadiran BTS Trans Mamminasata tersebut adalah dalam rangka memperkuat konektivitas khususnya di Indonesia Timur.

"Ini pertama kalinya kami [Kemenhub] melaksanakan program BTS untuk wilayah Indonesia Timur yakni di Provinsi Sulawesi Selatan tepatnya Kota Makassar," kata Budi, Minggu (14/11/2021).

Sebelumnya, ujar Budi, angkutan massal perkotaan dengan skema BTS ini sudah dimulai sejak 2020 di kota-kota besar seperti di Medan, Yogyakarta, Solo, Denpasar, maupun Palembang.

Sementara khusus untuk tahun ini, lanjutnya, Kemenhub juga tengah mengembangkan kembali program BTS di lima kota metropolitan lainnya salah satunya Kota Makassar.

"Kebijakan ini sebagaimana implementasi dari UU 22/2009 yaitu pemerintah hadir untuk menyiapkan angkutan massal perkotaan sesuai dengan kebutuhan masyarakat yakni menyediakan angkutan yang nyaman, murah, dan mudah diakses," imbuhnya.

Sementara itu Direktur Angkutan Jalan Kemenhub Suharto mengatakan, layanan yang dinamakan Trans Mamminasata ini hadir dengan menyediakan sebanyak 81 unit bus yang melayani penumpang di empat rute layanan dengan 261 titik halte yang jam operasionalnya dimulai pukul 06.00 hingga 23.00 WITA.

Keempat rute tersebut, terangnya, meliputi Koridor 1 Terminal Mallengkeri - UNHAS (melalui Jl. Metro Tj. Bunga) sebanyak 21 unit bus, Koridor 2 Mall Panakkukang - Bandara Sultan Hasanuddin sebanyak 18 unit bus, Koridor 3 Kampus 2 PNUP - Kampus 2 PIP sebanyak 25 unit bus, dan Koridor 4 Pelabuhan Soekarno Hatta - UIN Samata sebanyak 17 unit bus.

"Semua bus tersebut akan dilayani armada yang tentunya telah dipersiapkan diantaranya yaitu ramah terhadap penyandang disabilitas. Diharapkan melalui program BTS ini simpul-simpul transportasi dapat saling terhubung seperti halnya Bandara Sultan Hasanuddin dan Pelabuhan Soekarno Hatta," sebut Suharto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Kemenhub
Editor : Rio Sandy Pradana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top