Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mengenal Green Jobs, Pekerjaan Ramah Lingkungan yang Baik Ekonomi

Apa itu Green Jobs dan apa dampaknya bagi ekonomi? Ini penjelasan tentang Green Jobs, pekerjaan ramah lingkungan yang baik untuk ekonomi.
Penerapan Electrifying Agriculture di perkebunan buah naga./Istimewa
Penerapan Electrifying Agriculture di perkebunan buah naga./Istimewa

Sektor yang Booming dengan Green Jobs

Sebagai konsekuensi dari dekarbonisasi ekonomi dan pengembangan ekonomi sirkular, profesi masa depan akan tercipta dengan pekerjaan yang ada beradaptasi dengan realitas hijau terbaru.

Menurut para ahli, berikut ini adalah sektor-sektor yang paling potensial untuk menciptakan pekerjaan ramah lingkungan atau green jobs:

1. EBT 

Menurut Badan Energi Terbarukan Internasional (IRENA), energi terbarukan menciptakan lebih dari 500.000 pekerjaan baru di dunia pada tahun 2017. Realisasi ini meningkat 5,3 persen dibandingkan dengan tahun 2016 dan diperkirakan bahwa sektor ini sekarang mempekerjakan lebih dari 10 juta orang.

Pekerjaan yang membutuhkan kualifikasi lanjutan di sektor energi terbarukan, seperti insinyur senior di pembangkit termosolar, yaitu pekerjaan ramah lingkungan dengan bayaran terbaik di dunia.

2. Pertanian

Menurut Research Institute of Organic Agriculture (FiBL), pasar pertanian organik masih tumbuh di seluruh dunia, dalam banyak kasus dalam angka dua digit.

Di Amerika Serikat, pasar terbesar di dunia, penjualan makanan organik meningkat sebesar 6,4 persen pada tahun 2017, mencapai 43.700 juta euro. Sementara itu, Eropa mengalami pertumbuhan 10,5 persen mencapai 37.300 juta euro.

3. Desain

Kebijakan Eropa membutuhkan tingkat daur ulang yang semakin tinggi dan menetapkan kriteria desain ramah lingkungan yang semakin ketat. Fakta ini ditambah dengan kesadaran lingkungan banyak konsumen yang telah membuat desain ramah lingkungan mulai dari pengemasan hingga atap bangunan dan berbagai produk, sumber pekerjaan yang berkembang pesat.

4. Pariwisata

Dalam masyarakat yang semakin peduli dengan kesehatan planet ini, pariwisata ekologis (ekowisata) adalah tren yang meningkat. Sektor ini menciptakan lapangan kerja yang terkait dengan kegiatan seperti desain pengalaman petualangan, pembuatan jalur pegunungan yang tinggi dan penemuan kawasan lindung, serta pembaruan kawasan pedesaan, seperti eco-villages yang berisiko hilang.

5. Transportasi

Sektor ini bertanggung jawab atas lebih dari 30% emisi CO2 di Uni Eropa (UE), 72 persen di antaranya berasal dari transportasi darat. Banyak negara telah mengadopsi langkah-langkah untuk secara drastis mengurangi emisi transportasi.

Uni Eropa akan memotong ini sebesar 60 persen dibandingkan dengan tingkat pada 1990 untuk 2050, dengan menciptakan peluang kerja di sektor kendaraan listrik, transportasi umum dan pengangkutan kereta api listrik yang baik.

Jenis Pelatihan Apa yang Diperlukan?

Karena berbagai macam pekerjaan ramah lingkungan yang tersedia saat ini, tidak ada profil pelatihan tunggal bagi mereka yang dikenal sebagai pekerja kerah hijau.

Selain gelar, kursus dan program pascasarjana yang mengkhususkan diri dalam ekologi, pelatihan hijau untuk pekerjaan tertentu terdiri dari spesialisasi lingkungan dalam suatu sektor.

Orang yang bekerja merancang kemasan, misalnya, harus menguasai bahan yang ramah lingkungan. Demikian pula, seorang pengacara yang tertarik untuk melindungi alam sebaiknya memiliki spesialisasi dalam hukum lingkungan.

Selain itu, seorang insinyur yang ingin bekerja di sektor energi harus berspesialisasi dalam segala hal yang berkaitan dengan energi terbarukan, efisiensi energi, dan dekarbonisasi ekonomi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper