Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jaga Momen Pemulihan, Peritel Gandeng Microsoft Percepat Digitalisasi

Peritel modern berkomitmen untuk menjadikan Hari Ritel Nasional yang jatuh pada 11 November sebagai momentum akselerasi transformasi digital.
Calon pembeli memilih makanan di salah satu minimarket yang ada di Jakarta, Senin (18/2/2019).
Calon pembeli memilih makanan di salah satu minimarket yang ada di Jakarta, Senin (18/2/2019).

Bisnis.com, JAKARTA – Peritel modern berkomitmen untuk menjadikan Hari Ritel Nasional yang jatuh pada 11 November sebagai momentum akselerasi transformasi digital.

Menggandeng Microsoft, Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) memulai inisiasi digitalisasi pelaku usaha, termasuk UMKM.

“Target utama adalah bagaimana mengakselerasi transformasi digital, yang mana merupakan suatu keniscayaan bagi peritel dan UMKM. Sejauh ini, teknologi sudah dipakai untuk profiling dan layanan konsumen, tetapi kami ingin meningkatkannya lagi,” kata Ketua Umum Aprindo Roy N. Mandey, Rabu (10/11/2021).

Roy mengatakan, kolaborasi Aprindo dan Microsoft akan menawarkan lebih banyak solusi digital dan program pemberdayaan bersama berbagai institusi.

Hal itu diharapkan bisa menjadi titik awal bagi bisnis ritel, termasuk UMKM, untuk terus berkembang dan menjawab perkembangan tren konsumen.

“Sekarang bukan zamannya lagi untuk pemberian diskon. Diskon bukan suatu langkah yang baik untuk kondisi, di mana protokol kesehatan masih diterapkan. Kami mencoba mendapatkan blue ocean, masuk ke ranah yang jarang dipikirkan pelaku usaha,” katanya.

Hasil kajian dari Microsoft dan Aprindo yang tertuang dalam Buku Panduan untuk Ritel dan UMKM Modern Indonesia memperlihatkan bahwa optimasi digitalisasi dapat membantu bisnis kecil.

Penghematan biaya ditaksir bisa mencapai 70 persen, sedangkan pertumbuhan ritel bisa lebih cepat sampai dengan 62 persen.

Azure Business Group Lead Microsoft Indonesia Fiki Setiyono mengatakan bahwa bisnis ritel Indonesia telah memiliki potensi untuk memperkuat digitalisasi.

Dari sisi pelaku, pemanfaatan teknologi digital telah mulai dilakukan, misalnya dengan membuat konten multimedia dalam pemasaran produk sampai komunikasi secara digital dengan konsumen.

“Dari cara bekerja juga mulai dilakukan transformasi digital. Misalnya dari Kawan Lama yang sejak awal 2020 dengan modernisasi tempat kerja bagi hampir 40.000 pekerjanya,” kata Fiki.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Lili Sunardi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper