Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Lelang Percontohan Kredit Karbon Setara 170.000 Ton CO2 Rampung

Lelang percontohan portofolio kredit karbon telah dilaksanakan oleh CIX, menjadi yang pertama di pasar karbon sukarela global.
Asap membubung dari cerobong-cerobong asap sebuah pabrik pemanas di Jilin, China/Reuters
Asap membubung dari cerobong-cerobong asap sebuah pabrik pemanas di Jilin, China/Reuters
Bisnis.com, JAKARTA — Pasar dan bursa kredit karbon Climate Impact X atau CIX telah menyelesaikan lelang percontohan portofolio kredit karbon dengan kliring setara dengan 170.000 ton CO2 dari delapan proyek Natural Climate Solutions atau NCS. Setelah percontohan selesai, lelang reguler akan dilakukan pada tahun depan.

Interim CEO Climate Impact X Mikkel Larsen bahwa lelang percontohan itu menjadi metode baru yang dapat meningkatkan pasar karbon sukarela.
Dengan kurasi pasokan ke dalam portofolio, menurutnya, terjadi mekanisme penemuan harga efisien dan kompetitif, sehingga terdapat harga pasar yang adil bagi pembeli dan penjual.

"Kami melihat keyakinan pembeli dan penjual untuk kredit karbon bermutu tinggi dan khususnya antusiasme untuk solusi iklim alami,” ujar Larsen pada Kamis (4/11/2021) melalui keterangan resmi.

Dia menjelaskan bahwa dalam lelang tersebut terdapat proses kurasi untuk membentuk portofolio yang terdiversifikasi dengan harga US$8 per ton. Kedelapan proyek NCS mencakup reboisasi dan pencegahan deforestasi di Afrika, Asia, dan Amerika Latin, sebagai upaya penyerapan karbon serta mendukung keanekaragaman hayati.

Menurut Larsen, delapan proyek secara kolektif mendukung lebih dari 55.000 pekerjaan, meningkatkan pendidikan bagi lebih dari 35.000 siswa, membantu mendanai 60 proyek fasilitas dan infrastruktur medis, serta upaya melindungi lebih dari 250 spesies terancam.

Lelang portofolio tersebut merupakan yang pertama di pasar karbon sukarela global. Menurut CIX, dengan menyajikan transparansi, efisiensi, dan mitigasi risiko lebih besar bagi pembeli, pelelangan percontohan dapat mendukung penukuran skala pasar karbon sukarela, seperti anjuran Gugus Tugas Penskalaan Pasar Karbon Sukarela (TSVCM).

"CIX akan memanfaatkan keahlian dan pengalaman dari uji coba ini untuk meluncurkan lelang reguler, yang akan diadakan pada awal 2022," ujar Larsen.

Berikut daftar perusahaan yang berpartisipasi dalam lelang percontohan portofolio kredit karbon:
- Berge Bulk
- Boston Consulting Group  
- City Developments Limited
- ENGIE
- Gunung Capital
- Marquis Energy Global
- Mercuria Energy
- SK Energy International
- ST Telemedia Global Data Centres
- STX Group
- Trafigura
- Vertree
- Vitol
- dua pembeli lain merahasiakan identitasnya

Selain itu, para mitra pemodal CIX yang terdiri dari Bank DBS, Bursa Singapura, Standard Chartered, dan Temasek membeli kredit karbon dengan harga kliring lelang, alih-alih berpartisipasi dalam lelang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper