Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Indonesia National Day World Expo 2020 Dubai: Jokowi Bawa 'Jeff Bezos' RI hingga Bos Adaro

Sejumlah Menteri, pengusaha, pengurus Kamar Dagang dan Industri Indonesia hingga pendiri startup e-commerce terbesar di Indonesia bakal menghadiri Indonesia National Day dalam gelaran akbar World Expo 2020 Dubai, kamis (4/11/2021).
Gajah Kusumo
Gajah Kusumo - Bisnis.com 04 November 2021  |  21:39 WIB
Mendag Muhammad Lutfi saat menyampaikan state of nation menjelang Indonesia National Day World Expo 2020 Dubai di Al Wazl Plaza - Gajah Kusumo/Bisnis
Mendag Muhammad Lutfi saat menyampaikan state of nation menjelang Indonesia National Day World Expo 2020 Dubai di Al Wazl Plaza - Gajah Kusumo/Bisnis

Bisnis.com, DUBAI - Sejumlah pengusaha hadir dalam gelaran akbar Indonesia National Day di World Expo 2020 Dubai yang akan digelar malam ini, Kamis (4/11/2021) pukul 19.30 waktu setempat.

Dalam State of Nation yang disampaikan menjelang Indonesia National Day, yang bakal dihadiri Presiden Joko Widodo dan Putra Mahkota Sheikh Mohamed bin Zayed, Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi menyatakan harapannya untuk menciptakan masa depan bersama-sama antara Indonesia dan Uni Emirat Arab (UEA).

"Untuk itu kami mengajak Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, Menteri Kelautan dan Perikanan Wahyu Sakti Trenggono, hingga Jeff Bezos Indonesia yang juga Elon Musk Indonesia William Tanuwijaya," katanya saat menyampaikan State of Nation, Kamis (4/11/2021).

Tampak hadir dalam acara tersebut Presiden Direktur Adaro Energy Garibaldi 'Boy' Thohir hingga pendiri Tokopedia William Tanuwijaya.

Dalam kesempatan tersebut Lutfi menyebut masa depan Indonesia akan didukung oleh populasi yang terus bertambah dan bakat-bakat baru yang muncul.

Lutfi menyatakan saat ini pemerintah sedang membangun fondasi untuk masa depan yang sejahtera dengan mengundang dunia untuk berdagang, berinvestasi, dan mengunjungi Tanah Air. Tahun depan Indonesia juga akan menjadi presiden G20.

"Kehormatan ini datang dengan sangat besar tanggung jawab. Kami berkomitmen untuk memimpin dalam menciptakan ekonomi yang lebih adil dan masa depan yang lebih berkelanjutan," tambah Lutfi.

Lutfi menyatakan Indonesia berpeluang menjadi salah satu dari 5 negara dengan ekonomi terbesar di dunia dengan bonus demografi pada 2045.

Indonesia pun, katanya, siap memamerkan citra bangsa sebagai negara yang menjanjikan dan kaya akan sumber daya manusia berdaya saing tinggi melalui rangkaian acara National Day di Expo 2020 Dubai, di Dubai, Uni Emirat Arab (UEA).

Dia menambahkan saat ini merupakan waktu untuk pulih bersama dan menjadi lebih kuat usai pandemi Covid-19 menghantam hampir seluruh negara. Untuk itu, lanjut Mendag, semua butuh visi yang jelas untuk merumuskan apa yang akan dilakukan.

"Untuk itu, saya ingin berterima kasih kepada Pemerintah Uni Emirat Arab yang telah bekerja dan menciptakan tempat [expo] ini," katanya.

Adapun, tema besar Land of Diversity diturunkan ke dalam tiga elemen, yaitu Land of Majesty, Land of Opportunity, dan Land of Innovation.

Lutfi menjelaskan Land of Majesty menggambarkan kekayaan budaya Indonesia yang akan selalu menjadi kebanggaan negeri, sedangkan Land of Opportunity menggambarkan potensi besar Indonesia untuk terus terbuka terhadap berbagai peluang dan memaksimalkannya demi kemajuan bangsa.

Sementara itu, Land of Innovation menggambarkan kesiapan negara untuk bertransformasi menuju Indonesia Emas 2045 yang akan menjadi tonggak perekonomian bangsa berkat adanya bonus demografi, yaitu saat mayoritas populasi berada di usia produktif.

Acara National Day merupakan bagian rangkaian kegiatan Expo yang diberikan bagi 192 negara peserta untuk memamerkan budaya khasnya masing-masing. Indonesia National Day akan mengangkat tema Land of Diversity.

Keragaman tersebut dapat dilihat dari segi warisan leluhur yang terdiri dari suku, budaya, dan bahasa yang ditunjukkan melalui pertunjukan yang memadukan tarian tradisional dan modern, serta pertunjukkan grafis.

Keberagaman tersebut juga dituangkan dalam berbagai potensi yang dimiliki Indonesia di berbagai sektor, seperti perdagangan, investasi, dan pariwisata.

Pementasan seni dan budaya dari Indonesia di National Day akan melibatkan sekitar seratus penari terbaik bangsa untuk menampilkan ragam tari tradisional hingga permainan alat musik daerah.

Selain itu, pertunjukan ini juga akan melibatkan Lyodra Ginting, penyanyi muda kebanggaan Indonesia yang telah memenangkan berbagai kompetisi tingkat nasional dan internasional, yang menyanyikan lagu “Indonesia Pusaka”.

Tak ketinggalan, Indonesia juga menghadirkan ikon yang mengenakan kostum serba emas sebagai representasi dari Indonesia Emas 2045.

“Budaya Indonesia telah mendapat perhatian dan pujian dunia dari waktu ke waktu. Maka itu, kami melibatkan talenta-talenta terbaik bangsa untuk menjadikan kegiatan ini sebagai salah satu pagelaran seni budaya Indonesia termegah dan paling berkesan di Timur Tengah,” jelas Mendag.

Lutfi menambahkan, Indonesia National Day menjadi semakin spesial karena akan diselenggarakan di Al Wasl Plaza yang merupakan lokasi paling strategis di Expo 2020.

Al Wasl Plaza menjadi pusat kegiatan dari National Day secara keseluruhan, sehingga pertunjukkan Indonesia akan menyita perhatian banyak mata.

Untuk itu, pementasan kultural Indonesia di National Day diharapkan dapat menarik sedikitnya 2.000 pengunjung dari seluruh penjuru dunia.

Kesempatan ini pun tak terlepas dari hubungan erat Indonesia dan Uni Emirat Arab yang sudah terjalin sejak lama dan kian diperkuat dengan peluncuran Perundingan Persetujuan Kemitraan Ekonomi Komprehensif Indonesia-Uni Emirat Arab (IUAE-CEPA).

Dengan menarik perhatian ribuan pengunjung, hal ini akan membuka lebih banyak peluang bagi para perwakilan negara-negara untuk turut mendatangi Paviliun Indonesia dan mempelajari lebih dalam potensi dan keunggulan yang dimiliki Tanah Air di berbagai sektor.

Keragaman tersebut dapat dilihat dari segi warisan leluhur yang terdiri dari suku, budaya, dan bahasa yang ditunjukkan melalui pertunjukan yang memadukan tarian tradisional dan modern, serta pertunjukkan grafis.

Keberagaman tersebut juga dituangkan dalam berbagai potensi yang dimiliki Indonesia di berbagai sektor, seperti perdagangan, investasi, dan pariwisata.

Adapun, Najib Ali, Menteri Ekonomi sekaligus Komisaris Jenderal Dubai Expo, tertarik untuk meningkatkan hubungan kemitraan dengan Indonesia seiring dengan pesatnya kemajuan ekonomi digital di Indonesia.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi dubai uni emirat arab muhammad lutfi
Editor : Annisa Sulistyo Rini

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode Bisnis Indonesia Logo Epaper
To top