Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Sri Mulyani Bertemu Ratu Belanda di KTT G20, Bahas Apa?

Sri Mulyani bertemu dengan Ratu Belanda Queen Maxima di sela-sela KTT G20 Roma, Italia. Keduanya bahas apa, ya?
Maria Elena
Maria Elena - Bisnis.com 31 Oktober 2021  |  16:27 WIB
Menteri Keuangan Sri Mulyani melantik sejumlah Pejabat Pimpinan Tinggi Madya dan Pimpinan Tinggi Pratama di lingkungan Kementerian Keuangan, Senin (5/10/2021) -  Biro KLI / Kemenkeu
Menteri Keuangan Sri Mulyani melantik sejumlah Pejabat Pimpinan Tinggi Madya dan Pimpinan Tinggi Pratama di lingkungan Kementerian Keuangan, Senin (5/10/2021) - Biro KLI / Kemenkeu

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Keuangan Sri Mulyani bertemu dengan Ratu Belanda Queen Maxima di sela-sela KTT G20 di Roma, Italia beberapa waktu lalu. 

Bahkan, Sri Mulyani sempat berdialog dengan sang ratu. Dia menyambut baik keinginan Queen Maxima, Ratu Belanda, terlibat dalam Presidensi G20, terutama terkait dengan pemberdayaan UMKM, digitalisasi hingga edukasi asuransi untuk UMKM, dan perubahan iklim.

“Di sela agenda G20 di Roma, saya berdialog dengan Queen Maxima dari Belanda [30/12]. Kami berbagi pengalaman mengenai upaya pemberdayaan UMKM di negara masing-masing,” tulis Sri di akun Instagram @smindrawati yang dikutip Bisnis, Minggu (31/10/2021).

Sri mengatakan transaksi digital, manajemen data, penguatan permodalan UMKM, dan asuransi UMKM, merupakan langkah-langkah yang perlu terus didorong untuk mengembangkan keuangan yang inklusif.

Digitalisasi pun, menurut Menkeu, akan sangat mempengaruhi kemajuan pengembangan UMKM di Indonesia.

“Saat ini manajemen data sangat fundamental dalam mengidentifikasikan rumah tangga miskin untuk pemberian bantuan sosial, bantuan UMKM, sektor terdampak lainnya,” katanya.

Sebagai upaya mendorong pengembangan UMKM, dia mengatakan negara hadir mulai dari membangun tata kelola dalam pengawasan untuk mencegah penyalahgunaan, mendukung infrastruktur seperti penerapan sistem pembayaran digital di Indonesia melalui Quick Response Code Indonesia Standard (QRIS).

Di samping itu, imbuhnya, negara juga turut hadir dalam membantu penguatan permodalan UMKM melalui berbagai program bantuan keuangan, seperti Ultra Mikro (UMi), Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera (Mekaar), dan Kredit Usaha Rakyat (KUR).

“Pemerintah juga memberikan perhatian untuk menjaga akuntabilitas dan kredibilitas lembaga asuransi, sehingga edukasi asuransi untuk UMKM menjadi sangat penting,” tuturnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

umkm g20 sri mulyani belanda
Editor : Feni Freycinetia Fitriani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode Bisnis Indonesia Logo Epaper

BisnisRegional

To top