Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

KAI Siap Berlakukan Syarat Wajib PCR bagi Penumpang Jelang Nataru

KAI menuturkan siap mendukung rencana pemerintah terkait dengan syarat wajib PCR bagi penumpang semua moda transportasi jelang Nataru.
Rahmi Yati
Rahmi Yati - Bisnis.com 26 Oktober 2021  |  13:07 WIB
KAI Siap Berlakukan Syarat Wajib PCR bagi Penumpang Jelang Nataru
Suasana sepi terlihat di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Jumat (24/4/2020). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo berencana menerapkan syarat wajib PCR untuk pengguna semua moda transportasi, baik itu darat, laut, dan udara jelang libur Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Menyikapi hal itu, PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI mengaku senantiasa siap untuk memeriksa segala dokumen yang dipersyaratkan oleh pemerintah kepada pelanggan sebelum diperbolehkan naik kereta api.

"KAI mendukung penuh kebijakan yang ditetapkan oleh pemerintah guna mencegah adanya lonjakan kasus Covid-19," kata VP Public Relations KAI Joni Martinus, Selasa (26/10/2021).

Meski begitu, Joni belum bisa memastikan bagaimana dampak kewajiban PCR terhadap okupansi KAI. Namun menurutnya, rencana pemerintah yang berupaya menurunkan kembali harga PCR menjadi Rp300.000 untuk mengurangi beban masyarakat akan lebih memudahkan pelanggan.

"Belum dapat kami pastikan [okupansinya]. Tapi semakin rendah [harga PCR] semakin memudahkan pelanggan tentunya," imbuh Joni.

Sebagai informasi, pemerintah berencana menerapkan syarat wajib PCR untuk pengguna semua moda transportasi, baik darat, laut, dan udara.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan pemberlakuan wajib PCR untuk semua moda transportasi itu rencananya akan diterapkan jelang libur natal dan tahun baru (Nataru).

"Secara bertahap, penggunaan tes PCR akan diterapkan pada transportasi lainnya selama dalam mengantisipasi periode Nataru," kata Luhut, dikutip Selasa (26/10/2021).

Dia menyebut, tes wajib PCR saat ini hanya diberlakukan bagi para calon penumpang pesawat. Adapun tujuan menerapkan syarat wajib PCR bagi semua moda transportasi adalah untuk mencegah kenaikan kasus Covid-19 jelang tahun baru.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pt kai PCR
Editor : Rio Sandy Pradana
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top