Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemerintah Persiapkan Lelang 8 WK Migas di Tahap 2 Tahun ini

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mempersiapkan lelang wilayah kerja minyak dan gas bumi atau migas tahap dua untuk 2021. Rencana tersebut akan dilaksanakan pada sisa periode yang ada tahun ini.
Ilustrasi. Fasilitas produksi Blok Migas./Istimewa-Dok: SKK Migas
Ilustrasi. Fasilitas produksi Blok Migas./Istimewa-Dok: SKK Migas

Bisnis.com, JAKARTA – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mempersiapkan lelang wilayah kerja minyak dan gas bumi atau migas tahap dua untuk 2021. Rencana tersebut akan dilaksanakan pada sisa periode yang ada tahun ini.

Koordinator Pengembangan Wilayah Kerja Migas Konvensional Kementerian ESDM Ardhi Krisnanto menjelaskan, Direktorat Jenderal Migas tengah mempersiapkan wilayah kerja yang akan dimasukkan ke dalam daftar lelang tahap dua tahun ini.

Ardhi menuturkan, saat ini pihaknya tengah berkoordinasi dan berkonsultasi dengan kepala daerah yang wilayah kerjanya akan ditawarkan dalam lelang tersebut.

Pada tahap dua, rencananya wilayah kerja (WK) migas yang akan dilelang terdiri atas WK migas lepas pantai, WK migas daratan, dan WK migas kombinasi.

“Beberapa proses akan kami selesaikan, yaitu salah satunya mengenai rumusan penyusunan bentuk dan ketentuan  pokok kontrak kerja sama. beberapa provinsi sudah dilakukan konsultasi daerah, kami sedang menunggu balasan surat dari beberapa gubernur terkait kandidat WK migas,” katanya dalam paparan Kementerian ESDM, Senin (25/10/2021).

Sekretaris Direktorat Jenderal Migas Kementerian ESDM Alimuddin Baso memaparkan, sampai dengan September 2021 pemerintah telah menawarkan enam WK migas untuk dilelang kepada investor dari target 10 WK migas yang harus ditawarkan.

Dari jumlah 6 WK migas tersebut, empat WK di antaranya dilelang melalui mekanisme penawaran langsung, yaitu South CPP, Sumbagsel, Rangkas dan Liman. WK South CPP dan Liman telah berhasil mendapatkan pemenang lelangnya pada bulan lalu.

Sementara itu, terdapat dua WK migas yang dilelang melalui mekanisme reguler yang merupakan lelang tahap pertama 2021. Kedua WK tersebut, yaitu Merangin III dan North Kangean yang prosesnya tengah berlangsung.

“Lelang tahap dua 2021 direncanakan akan dilaksanakan awal kuartal IV/2021, dan akan ditawarkan delapan WK. Untuk meningkatkan minat terhadap WK migas yang ditawarkan, maka kami Ditjen Migas melakukan perbaikan bentuk dan diligence yang menarik, seperti fleksibilitas bentuk kontrak dan meningkatkan split,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Muhammad Ridwan
Editor : Lili Sunardi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper