Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Bos PTBA Proyeksi Harga Batu Bara Bertahan Tinggi hingga 2022

Direktur Utama PT Bukit Asam Tbk. Suryo Eko Hadianto memproyeksikan harga batu bara akan tetap tinggi hingga 2022. Kondisi tersebut disebabkan oleh sejumlah faktor utama.
Rayful Mudassir
Rayful Mudassir - Bisnis.com 26 Oktober 2021  |  06:27 WIB
Angkutan batu bara berbasis rel di Sumatra Selatan. - ptba.co.id
Angkutan batu bara berbasis rel di Sumatra Selatan. - ptba.co.id

Bisnis.com, JAKARTA – Direktur Utama PT Bukit Asam Tbk. Suryo Eko Hadianto memproyeksikan harga Batu bara akan tetap tinggi hingga 2022. Kondisi tersebut disebabkan oleh sejumlah faktor utama.

Saat paparan kinerja perusahaan pada triwulan III/2021, Suryo Eko menyebutkan bahwa fluktuasi harga batu bara tetap terjadi, namun dengan nilai yang terbilang kecil.

“Harga 2022 kami cukup optimistis masih boleh dikatakan tergolong tinggi, walaupun tidak setinggi saat ini,” katanya, Senin (25/10/2021).

Berdasarkan bursa ICE Newcastle, harga batu bara global untuk kontrak Desember 2021 mencapai US$181 dolar per metrik ton. Angka itu turun drastis dari sebelumnya sempat berada di US$272 per metrik ton pada 5 Oktober 2021.

Menurutnya, keyakinan tersebut disebabkan oleh sejumlah faktor. Pertama, sejumlah negara mulai kembali mengoperasikan pembangkit listrik berbasis batu bara, seperti China dan Kanada. Padahal, negara tersebut telah berkomitmen mengurangi PLTU batu bara.

Kemudian, cuaca buruk masih mempengaruhi kapasitas produksi batu bara dunia. Sementara itu, komoditas tersebut menjadi incaran setelah sumber energi dunia lainnya mengalami kenaikan drastis.

Stabilitas harga batu bata saat ini juga ditopang oleh hubungan buruk antara China dan Australia. Hal itu menyebabkan pasokan batu bara Negeri Kangguru tidak dapat masuk ke China.

Suryo memperkirakan, hubungan kedua negara itu belum akan membaik hingga awal tahun depan, sehingga ekspor komoditas emas hitam dari Australia tetap terkendala.

“Dari berbagai faktor tadi, saya prediksi bahwa masa keemasan harga batu bara masih berlanjut sampai dengan tahun depan. Itu keyakinan kami,” terangnya.

Adapun untuk dalam negeri, pihaknya memastikan bahwa komoditas tersebut masih menjadi sumber energi utama dalam beberapa waktu ke depan. Selain itu, PLTU juga masih menjadi sumber energi murah dibandingkan dengan sumber energi lainnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

batu bara ptba harga batu bara
Editor : Lili Sunardi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode Bisnis Indonesia Logo Epaper
To top