Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

6 Fakta Bandara JB Soedirman, Nasibnya Disebut Mirip Kertajati

Bisnis.com menghimpun sejumlah fakta seputar Bandara JB Soedirman yang kini nasibnya mirip Bandara Kertajati.
Anitana Widya Puspa
Anitana Widya Puspa - Bisnis.com 25 Oktober 2021  |  14:18 WIB
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (dua kanan) saat mendampingi Presiden Joko Widodo (kiri) saat meninjau Bandara Jenderal Besar Soedirman, Purbalingga, pada Jumat (11/6/2021).  - ANTARA/Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (dua kanan) saat mendampingi Presiden Joko Widodo (kiri) saat meninjau Bandara Jenderal Besar Soedirman, Purbalingga, pada Jumat (11/6/2021). - ANTARA/Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden

Bisnis.com, JAKARTA - Kondisi Bandara JB Soedirman di Purbalingga, Jawa Tengah sedang mendapat sorotan publik beberapa hari ini lantaran diproyeksikan bernasib sama dengan Bandara Kertajati di Jawa Barat yang menjadi sepi penumpang.

Apalagi, satu-satunya maskapai yang beroperasi di bandara yang berlokasi di Purbalingga tersebut, yakni Citilink telah menghentikan layanan penerbangannya pada bulan ini karena sepi penumpang. Sebelumnya, Citilink melayani rute Purbalingga-Surabaya dan Purbalingga-Jakarta (via Halim Perdanakusuma).

Berikut sejumlah fakta Bandara JB Soedirman yang telah dihimpun Bisnis.com:

1. Ide Presiden Jokowi
Pembangunan bandara tersebut merupakan inisiatif dari Presiden Jokowi sejak 2016. Pembangunan bandara sempat tertunda saat pandemi Covid-19 melanda pada 2020.

2. Dirintis 15 Tahun Lalu
Proses pembangunan bandara ini memiliki sejarah panjang, karena sudah dirintis sejak 15 tahun lalu. Bandara ini pun memiliki tugas untuk memperluas konektivitas penerbangan di Jawa Tengah bagian Selatan, membuka akses penerbangan di Purbalingga dan kota-kota sekitarnya seperti Banjarnegara, Banyumas, Cilacap, Kebumen dan Karesidenan Banyumas.

1 dari 3 halaman

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi bandara
Editor : Rio Sandy Pradana

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top