Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kuartal III/2021, TKDN Subholding Upstream Pertamina Capai 62 Persen

Subholding Upstream Pertamina terus berupaya meningkatkan TKDN dengan menerapkannya pada beberapa aspek, seperti dari mulai dari tahap perencanaan, proses pengadaan, sampai dengan kontrak berakhir.
Rayful Mudassir
Rayful Mudassir - Bisnis.com 23 Oktober 2021  |  00:04 WIB
Ilustrasi kilang lepas pantai.  - Bloomberg/Tim Rue
Ilustrasi kilang lepas pantai. - Bloomberg/Tim Rue

Bisnis.com, JAKARTA — Subholding Upstream Pertamina mencatatkan capaian nilai tingkat komponen dalam negeri (TKDN) sebesar 62,35 persen sampai dengan hingga triwulan III/2021. 

Nilai tersebut diverifikasi langsung oleh Surveyor Indonesia dan Sucofindo dari pengadaan di seluruh Zona dan Regional di bawah Subholding Upstream yang terbagi menjadi TKDN terhadap barang dan jasa.

Direktur SDM & Penunjang Bisnis Subholding Upstream Oto Gurnita mengatakan bahwa pengutamaan TKDN di Subholding Upstream bertujuan untuk pemenuhan aspek compliance terhadap aturan yang berlaku.

“Serta mendukung program pemerintah dalam rangka meningkatkan kapasitas nasional dan multiplier effect bagi keseluruhan industri dalam negeri,” katanya dalam keterangan resmi, Jumat (22/10/2021). 

Dia menuturkan, Subholding Upstream Pertamina terus berupaya meningkatkan TKDN dengan menerapkannya pada beberapa aspek, seperti dari mulai dari tahap perencanaan, proses pengadaan, sampai dengan kontrak berakhir.

“Capaian TKDN Subholding Upstream Pertamina lebih dari 62 persen ini merupakan wujud dukungan Pertamina terhadap Komitmen TKDN di sektor hulu minyak dan gas bumi yang ditetapkan oleh SKK Migas. Kami akan terus mengupayakan yang terbaik untuk meningkatkan nilai komponen dalam negeri,” tambahnya.

Dalam konferensi Pers Kinerja Hulu Migas Kuartal III Tahun 2021 SKK Migas, komitmen TKDN SKK Migas menyentuh angka 58 persen dengan total pengadaan barang dan jasa sebesar US$2,6 milyar di atas target 57 persen yang telah ditetapkan.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

energi pertamina hulu migas
Editor : Muhammad Khadafi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top