Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Beroperasi per Juni 2021, Ini Situasi Terkini Bandara Soedirman Purbalingga

Bandara Jenderal Besar Soedirman bertujuan memperluas konektivitas penerbangan di Jawa Tengah bagian Selatan, membuka akses penerbangan di Purbalingga dan kota-kota sekitarnya seperti Banjarnegara, Banyumas, Cilacap, Kebumen, dan Karesidenan Banyumas. 
Anitana Widya Puspa
Anitana Widya Puspa - Bisnis.com 19 Oktober 2021  |  10:59 WIB
Presiden Joko Widodo (keempat kiri) menyimak penjelasan mengenai pengembangan Bandara Jenderal Besar Soedirman di Purbalingga, Jawa Tengah, Senin (23/4). - Bisnis/Amanda Kusumawardhani
Presiden Joko Widodo (keempat kiri) menyimak penjelasan mengenai pengembangan Bandara Jenderal Besar Soedirman di Purbalingga, Jawa Tengah, Senin (23/4). - Bisnis/Amanda Kusumawardhani

Bisnis.com, JAKARTA – Bandara Jenderal Besar Soedirman di Purbalingga telah mulai diaktifkan per 1 Juni 2021 lewat penerbangan berjadwal yang telah dilayani oleh Citilink.

Executive General Manager Bandara Jenderal Besar Soedirman Catur Sudarmono mengatakan di tengah pandemi ini konektivitas penerbangan di Purbalingga tetap terjaga. Saat ini bandara berkode PWL tersebut memulai konektivitas dari Barat ke Timur di Jawa, melalui rute penerbangan Jakarta - Purbalingga – Surabaya.

“Slot penerbangan yang tersedia di Bandara Jenderal Besar Soedirman saat ini adalah rute Jakarta - Purbalingga - Surabaya dan Surabaya - Purbalingga - Jakarta. AP II bersama Citilink berkomitmen untuk selalu fokus dalam melayani perjalanan masyarakat Purbalingga dan sekitarnya,” ujarnya melalui siaran pers, Selasa (19/10/2021).

Catur memaparkan sejak pertama kali akses penerbangan dibuka pada Juni 2021, pergerakan penerbangan di Purbalingga semakin tumbuh. Lebih lanjut, dia menuturkan bahwa pasar penerbangan di Purbalingga adalah warga asli Purbalingga yang merantau atau bekerja di kota-kota lainnya. 

“Trafik di bandara ini biasanya cukup tinggi pada akhir pekan didominasi oleh warga yang pulang ke Purbalingga dan kota sekitar setelah sepekan bekerja di luar kota. Biasanya mereka butuh waktu berjam-jam jika melalui darat, kini dengan adanya bandara hanya cukup kurang dari sekitar 1 jam penerbangan. Bandara ini sudah ditunggu kehadirannya oleh masyarakat dari 15 tahun silam,” jelasnya.

Bandara Jenderal Besar Soedirman merupakan bandara yang memiliki tugas untuk memperluas konektivitas penerbangan di Jawa Tengah bagian Selatan, membuka akses penerbangan di Purbalingga dan kota-kota sekitarnya seperti Banjarnegara, Banyumas, Cilacap, Kebumen, dan Karesidenan Banyumas. 

Selama ini, lanjutnya, rute penerbangan di Jawa banyak dilakukan melalui bagian utara. Dengan adanya Bandara Jenderal Besar Soedirman maka pergerakan penerbangan di bagian Selatan akan meningkat sehingga dapat mendorong pertumbuhan ekonomi di wilayah ini.

Di samping itu, Bandara Jenderal Besar Soedirman tentunya juga mendukung pertumbuhan sektor pariwisata di Purbalingga dan kota-kota sekitarnya. 

Bandara Jenderal Besar Soedirman memiliki runway dengan dimensi 1.600 x 30 meter dan apron 69 x 103 meter. 

Keberadaan bandara ini juga tidak lepas dari dukungan penuh dari Pemkab Purbalingga yang menyediakan terminal penumpang sementara berukuran 20 x 20 meter. Adapun ke depannya, sudah direncanakan pembangunan terminal hingga berkapasitas 300.000 penumpang/tahun. 

Sementara itu, Station Manager Citilink Purbalingga Muhamad Mulyanudin menuturkan dalam melayani penerbangan Jakarta - Purbalingga - Surabaya dan sebaliknya, Citilink menggunakan pesawat turbo propeller ATR 72-600 berkapasitas sekitar 72 kursi penumpang.

Citilink telah mendapat slot penerbangan pada Kamis dan Sabtu untuk mengoperasikan rute Jakarta - Purbalingga - Surabaya dan sebaliknya. 

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

citilink Bandara JB Soedirman
Editor : Amanda Kusumawardhani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode Bisnis Indonesia Logo Epaper
To top