Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Dukung PON XX, PT Perindo Suplai Ikan untuk Para Atlet di Papua

PT Perikanan Indonesia (Perindo) unit Merauke turut berkontribusi untuk menunjang kelancaran pekan olahraga dua tahunan ini.
Amanda Kusumawardhani
Amanda Kusumawardhani - Bisnis.com 11 Oktober 2021  |  16:23 WIB
Dukung PON XX, PT Perindo Suplai Ikan untuk Para Atlet di Papua
Ilustrasi produk ikan dari PT Perikanan Indonesia. - istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA—PT Perikanan Indonesia (Persero) memastikan suplai protein yang cukup untuk para atlet yang sedang bertanding di laga Pekan Olahraga Nasional ke-20 atau PON XX Papua 2021. 

PON Papua dilaksanakan di empat wilayah yakni di Kota Jayapura, Kapupaten Jayapura, Kabupaten Mimika, dan Kabupaten Merauke. Karena itu, PT Perikanan Indonesia (Perindo) unit Merauke turut berkontribusi untuk menunjang kelancaran pekan olahraga dua tahunan ini.

Direktur Utama PT Perindo Fatah Setiawan Topobroto mengatakan perseroan selaku BUMN  mendukung penuh suksesnya gelaran olahraga PON XX di Provinsi Papua. Dukungan yang diberikan yaitu turut menyuplai berbagai jenis ikan sebagai sumber protein. 

“Kami menyuplai 100-150 kilogram ikan per hari selama PON XX berlangsung dari 2 Oktober hingga PON XX berakhir pada 15 Oktober 2021,” katanya dikutip dari keterangan resminya, Senin (10/11/2021).

Adapun ikan yang dikirim ke bagian sub konsumsi PON XX adalah ikan segar meliputi ikan gabus, ikan kipas dan ikan kerapu. Ketiga jenis ikan tersebut merupakan ikan hasil tangkapan nelayan di perairan Merauke. Nelayan tesebut adalah mitra PT Perindo yang ikannya selalu diserap oleh BUMN di bidang perikanan ini.

“Ikan ini berasal dari nelayan di ujung timur Indonesia untuk para atlet kebanggan tanah air,” ungkap Fatah.

Fatah menjelaskan ikan tangkapan nelayan ini dibersihkan dulu di tempat pengelolaan ikan oleh PT Perindo. Ikan tersebut dipotong, dibersihkan tulangnya, dibersihkan kulit ikannya dan dikirim ke sub konsumsi PON XX dalam keadaan sudah dipotong dan dikemas secara higienis.

PT Perindo juga tidak sembarang menyuplai ikan untuk PON. Ikan yang dikirimkan telah diambil sampelnya dan diuji kadar proteinnya apakah layak konsumsi atau tidak.

Direktur Operasional PT Perindo Raenhat Tiranto Hutabarat menambahkan ikan gabus merupakan ikan komoditas asli Merauke. Dia berharap ikan gabus ini dapat diolah sedemikian rupa untuk menyuplai protein para atlet. Apalagi, ikan gabus kaya akan zat albumin yang bermanfaat untuk mengobati luka, memulihkan cedera dan mencegah peradangan.

“PT Perindo terus berkomitmen menjadi off taker hasil tangkapan nelayan, untuk kemudian diolah atau didistribusikan ke konsumen, salah satunya untuk para atlet PON di Papua,” pungkasnya.

PON XX Papua diikuti oleh 34 kontingen dengan jumlah atlet mencapai 7.039 atlet. PON XX Papua akan mempertandingkan 37 cabang olahraga, 56 disiplin dan 681 nomor pertandingan serta memperebutkan 681 medali emas, 681 medali perak dan 877 medali perunggu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

PON 2020 Perum Perikanan Indonesia PON XX 2021 PAPUA
Editor : Amanda Kusumawardhani
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top