Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Istri Mendiang Bos Samsung Group Jual Saham Demi Bayar Pajak

Hong yang berusia 75 tahun mewarisi sekitar 83 juta saham di Samsung Electronics Co. dan ini menjadikannya sebagai pemegang saham individu terbesar di raksasa teknologi dengan 2,3 persen saham.
Lee Kun-hee/Bloomberg
Lee Kun-hee/Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA - Hong Ra-hee, istri mendiang Ketua Samsung Group Lee Kun-hee, berencana untuk menjual saham di Samsung Electronics Co. untuk membantu membayar tagihan pajak warisan yang bernilai 12 triliun won atau US$10 miliar.

Hong menandatangani perjanjian kepercayaan dengan Kookmin Bank pada 5 Oktober 2021 untuk melepaskan 19,9 juta saham, atau 0,33 persen saham di Samsung Electronics untuk membayar pajak warisan.

Hal ini terungkap dalam keterbukaan informasi pada hari Jumat (8/10/2021). Saham tersebut bernilai sekitar 1,4 triliun won, atau US$1,2 miliar, berdasarkan harga penutupan hari Jumat kemarin sebesar 71.500 won.

Hong yang berusia 75 tahun mewarisi sekitar 83 juta saham di Samsung Electronics Co. dan ini menjadikannya sebagai pemegang saham individu terbesar di raksasa teknologi dengan 2,3 persen saham. Hong adalah wanita terkaya di Korea Selatan dengan kekayaan bersih US$7,4 miliar, menurut Bloomberg Billionaires Index Mei lalu.

Keluarga mending Lee telah mengumumkan rencananya untuk membayar tagihan pajak warisan sebesar US$10,7 miliar dan akan menyumbangkan 1 triliun won untuk fasilitas medis dan menyumbangkan sekitar 23.000 karya seni, termasuk karya Pablo Picasso dan Claude Monet.

Hong memimpin museum Leeum Samsung, yang menampung karya-karya seperti "Untitled (Black Figure)" karya Jean-Michel Basquiat dan "Two Candles" karya Gerhard Richter. Hong mengundurkan diri sebagai direktur pada tahun 2017, dan belum mengambil peran manajemen di Samsung hingga saat ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hadijah Alaydrus
Sumber : Bloomberg

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper