Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Digitalisasi UMKM, KemenkopUKM Gandeng MNC Investama (BHIT)

Menkop UKM Teten mengatakan kerja sama dengan MNC Investama (BHIT) diharapkan dapat membantu promosi UMKM melalui media dan e-commerce yang menjadi perhatian utama MNC Group.
Nyoman Ary Wahyudi
Nyoman Ary Wahyudi - Bisnis.com 06 Oktober 2021  |  19:19 WIB
Digitalisasi UMKM, KemenkopUKM Gandeng MNC Investama (BHIT)
Executive Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo (kiri) dan Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Teten Masduki usai penandatanganan Nota Kesepahaman, Jakarta, Rabu (6/10/2021). - MNC
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — PT MNC Investama Tbk. (BHIT) dan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (KemenKopUKM) menandatangani nota kesepahaman sebagai komitmen bersama mendorong digitalisasi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Digitalisasi UMKM itu rencanannya bakal dilakukan melalui inovasi dan transformasi digital, seperti layanan digital banking, pengembangan transaksi cashless, akses pembiayaan, ekspansi e-commerce dan distribusi konten digital.

Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Teten Masduki mengapresiasi dukungan MNC Group untuk ikut menggerakkan transformasi digital UMKM di Tanah Air. Teten mengatakan UMKM menyerap sekitar 97 persen atau 117 juta tenaga kerja nasional sekaligus berkontribusi 60 persen terhadap total pendapatan domestik bruto atau PDB Indonesia.

“Namun disayangkan, masih banyak sekali para pelaku UMKM yang memiliki keterbatasan terhadap akses perbankan. Besar harapan agar kontribusi MotionBanking akan meningkatkan jumlah produksi, omzet, skala usaha, dan peningkatan daya saing,” kata Teten di Jakarta Concert Hall, Rabu (6/10/2021).

Selain itu, Teten menambahkan, kerja sama itu juga diharapkan dapat membantu promosi UMKM melalui media dan e-commerce yang menjadi perhatian utama MNC Group.

“Dengan UMKM go digital, akan membuka peluang lebih besar untuk mendongkrak ekspor karya-karya lokal,” kata dia.

Berdasarkan data milik KemenKopUKM, sebagian besar pelaku usaha di Indonesia merupakan pemilik UMKM. Konkritnya, UMKM memegang peranan penting dalam perekonomian nasional dengan total 65.465.497 unit atau 99,99 persen pelaku usaha di Indonesia. Rinciannya, usaha mikro sebanyak 64.601.352 atau 98,7 persen, usaha kecil sebesar 789.679 dan usaha menengah mencapai 65.465.

Di sisi lain, Executive Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo menilai positif keikutsertaan MNC dalam upaya menjangkau 65 juta UMKM untuk bertransformasi digital dengan memanfaatkan sektor media, jasa keuangan dan e-commerce.

Hary mengatakan kolaborasi SMESCO dengan MotionBanking akan mendorong proses bisnis yang lebih aman, produktif, dan efisien serta memberikan peluang untuk berkembang dengan bantuan pembiayaan.

“Selain itu, berbagai inisiasi dengan unit bisnis milik MNC Group diharapkan dapat membantu memajukan UMKM di Indonesia. Kami yakin kolaborasi KemenKopUKM dengan MNC Group akan menjadi solusi dari berbagai tantangan yang dihadapi pelaku UMKM dan menyebarkan dampak positif bagi jutaan masyarakat Indonesia melalui ekspansi digital,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

umkm mnc investama
Editor : Muhammad Khadafi
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top