Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pesan Khusus Menhub Buat Citilink

Citilink menjadi LCC kedua di dunia setelah Scoot (Singapore Airline Group) dan menjadi salah satu dari 15 maskapai di dunia yang berhasil memperoleh predikat tersebut.
Produk kargo yang diangkut sebanyak 95 persen adalah produk general cargo seperti barang hantaran dan dokumen. /Citilink
Produk kargo yang diangkut sebanyak 95 persen adalah produk general cargo seperti barang hantaran dan dokumen. /Citilink

Bisnis.com, JAKARTA — Kementerian Perhubungan (Kemenhub) meminta Citilink agar dapat mempertahankan bahkan meningkatkan layanan dan prosedur kesehatan dari level saat ini setelah mendapatkan predikat sebagai maskapai Low Cost Carrier (LCC) terbaik kedua di dunia.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyampaikan apresiasinya kepada Citilink yang berhasil meraih predikat ‘5 star Covid-19 airline safety rating dari Skytrax, sebuah lembaga pemeringkat penerbangan global independen yang berbasis di Inggris. Predikat “5 - Star Covid-19 Airline Safety Rating” tersebut merupakan penilaian tertinggi yang diberikan kepada maskapai penerbangan atas penerapan protokol kesehatan terbaik dalam layanan penerbangan di tengah situasi pandemi.

“Saya harap Citilink bisa mempertahankan dan bahkan dapat terus ditingkatkan. Semoga ini bisa menjadi semangat untuk maskapai lainnya agar terus konsisten menerapkan protokol kesehatan dengan baik sehingga dapat terus meningkatkan kepercayaan masyarakat pengguna jasa penerbangan di tengah pandemi,” ujarnya melalui siaran pers, Rabu (22/9/2021).

Citilink menjadi LCC kedua di dunia setelah Scoot (Singapore Airline Group) dan menjadi salah satu dari 15 maskapai di dunia yang berhasil memperoleh predikat tersebut. Predikat “5 - Star Covid-19 Airline Safety Rating” tersebut merupakan penilaian tertinggi yang diberikan kepada maskapai penerbangan atas penerapan protokol kesehatan terbaik dalam layanan penerbangan di tengah situasi pandemi.

Sebagai informasi, pencapaian predikat tersebut didasarkan pada proses audit yang dilaksanakan oleh Skytrax pada Agustus 2021 yang mencakup keseluruhan aspek penerapan protokol kesehatan, utamanya dalam memberikan pelayanan terbaik selama masa pandemi Covid-19 yang meliputi tahapan pre-, in- hingga post-flight.

“Saya mengapresiasi dengan berhasilnya Citilink menjadi Low Cost Carrier kedua di dunia yang mendapakan predikat ‘5 star Covid-19 Airline Safety Rating. Ini sebagai bukti bahwa penanganan Covid-19 melalui penerapan protokol kesehatan pada transportasi udara di Indonesia diakui di mata dunia,” imbuhnya.

CEO Skytrax Edward Plaisted menuturkan alasan menobatkan Citilink dengan predikat 5-Star Covid-19 Airline Safety Rating. Diantaranya dengan mempertimbangkan segala upaya yang telah dilakukan Citilink dalam memberikan standar kebersihan tertinggi bagi penumpangnya. Manajemen dan karyawan Citilink telah melampaui standar industri untuk memitigasi risiko penularan Covid-19 dalam rangka memulihkan kepercayaan penumpang untuk kembali bepergian menggunakan pesawat.

Secara garis besar aspek penilaian Audit Skytrax yang dilakukan adalah:

  • Pre-flight: Website, automatic check-in process, boarding management.
  • In-flight: Customer & cabin staff PPE (Personal Protective Equipment), cabin staff assistance, disembark management and cabin cleanliness.
  • Post-flight: Arrival and baggage reclaim.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper