Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

BI Proyeksi Ekonomi RI Kuartal III/2021 Tumbuh 5 Persen

Meski sempat mengalami perlambatan pada awal kuartal III/2021, namun ekonomi domestik pada Agustus 2021 telah kembali menunjukkan tren pemulihan. BI memperkirakan ekonomi RI pada kuartal tersebut akan tumbuh 5 persen dan 4,5 persen pada kuartal IV/2021.
Maria Elena
Maria Elena - Bisnis.com 21 September 2021  |  15:28 WIB
BI Proyeksi Ekonomi RI Kuartal III/2021 Tumbuh 5 Persen
Dokumentasi - Foto aerial suasana kendaraan melintas di Bundaran HI, Jakarta, Senin (14/9/2020). Pada hari pertama penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) total di DKI Jakarta arus lalu lintas kendaraan terpantau lancar. - Antara/Sigid Kurniawan
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Bank Indonesia memperkirakan perekonomian Indonesia pada kuartal III/2021 akan tumbuh sebesar 5 persen secara tahunan (year-on-year/yoy) dan mencapai 4,5 persen pada kuartal IV/2021.

“Di triwulan III ini, pertumbuhan ekonomi bisa mencapai 5 persen yoy dan di triwulan IV sebesar 4,5 persen,” kata Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo dalam konferensi pers virtual, Selasa (21/9/2021).

Perry mengatakan meski mengalami perlambatan pada awal kuartal III/2021, namun ekonomi domestik pada Agustus 2021 telah kembali menunjukkan tren pemulihan.

Perkembangan tersebut dipengaruhi oleh kembali membaiknya mobilitas masyarakat sejalan dengan pelonggaran kebijakan pembatasan mobilitas sebagai dampak respons penanganan Covid-19 yang semakin baik.

Perbaikan pun tercermin dari kinerja berbagai indikator dini, seperti penjualan eceran, ekspektasi konsumen, PMI Manufaktur, serta transaksi pembayaran melalui SKNBI dan RTGS, yang kembali meningkat.

“Di sisi eksternal, kinerja ekspor terus meningkat didukung oleh tetap kuatnya permintaan mitra dagang utama,” jelasnya.

Perry memperkirakan perbaikan ekonomi akan terus berlanjut sejalan dengan akselerasi vaksinasi, kinerja ekspor yang tetap kuat, pembukaan sektor-sektor prioritas yang semakin luas, dan stimulus kebijakan yang berlanjut.

Dengan perkembangan tersebut, BI memproyeksikan pertumbuhan ekonomi 2021 tetap berada dalam kisaran proyeksi 3,5 persen hingga 4,3 persen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bank indonesia Pertumbuhan Ekonomi
Editor : Hadijah Alaydrus
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top