Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Electrifying Agriculture Berhasil Tingkatkan Hasil Panen Buah Naga di Aceh

Pemanfaatan listrik sebagai rekayasa sinar matahari di malam hari berhasil meningkatkan hasil panen petani buah naga di Lhokseumawe, Aceh, hingga 2,5 kali lipat.
Lili Sunardi
Lili Sunardi - Bisnis.com 11 September 2021  |  13:51 WIB
Electrifying Agriculture Berhasil Tingkatkan Hasil Panen Buah Naga di Aceh
Program electrifying agriculture atau penerangan untuk pertanian buah naga. - Ilustrasi
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Pemanfaatan listrik sebagai rekayasa sinar matahari di malam hari berhasil meningkatkan hasil panen petani buah naga di Lhokseumawe, Aceh, hingga 2,5 kali lipat.

General Manager PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Aceh Abdul Mukhlis mengatakan bahwa rekayasa sinar sinar matahari dengan listrik dilakukan melalui program electrifying agriculture. Hasilnya, petani buah naga di Lhokseumawe bisa mendapatkan hasil panen sebanyak 500 kilogram.

“Ini merupakan program bantuan untuk petani buah naga Bang Tani Jaya, dan juga merupakan pemanfaatan teknologi electrifying agriculture untuk meningkatkan produktivitas pertanian khusus buah naga,” katanya melalui keterangan resmi, Sabtu (11/9/2021).

Muhammad Yani, salah seorang petani buah naga yang memanfaatkan electrifying agriculture, mengatakan bahwa rekayasa sinar matahari dilakukan dengan metode penyinaran lampu LED listrik.

Dengan metode itu, dirinya bisa memanen hingga 500 kilogram buah naga tanpa harus menunggu musim panen dari lahan seluas 1.200 meter persegi. Sebelumnya, Yani rata-rata hanya bisa memanen 200 kilogram buah naga dari lahannya di masa panen.

Menurutnya, buah naga memerlukan penyinaran lampu di malam hari untuk menjaga suhu di sekitar kebun. Penyinaran dengan lampu LED itu juga efektif menghindarkan buah naga dari serangan serangga dan hama buah lainnya.

“Kebun ini nantinya juga sebagai tempat edukasi para petani buah naga yang ada di Lhokseumawe, maupun tempat agrowisata kebun naga,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

PLN aceh buah naga
Editor : Lili Sunardi
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top