Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Vaksinasi Drive Thru di Jagorawi, Jasa Marga Dorong Pengguna Jalan Melakukan Vaksin

PT Jasa Marga (Persero) Tbk. Berharap masyarakat dapat memanfaatkan vaksinasi drive thru yang digelar perusahaan bersama Badan Intelijen Strategis TNI di Tol Jagorawi selama 1 bulan ke depan.
Yanita Petriella
Yanita Petriella - Bisnis.com 01 September 2021  |  14:01 WIB
Vaksinasi Drive Thru di Jagorawi, Jasa Marga Dorong Pengguna Jalan Melakukan Vaksin
Proses vaksinasi drive thru di Tol Jagorawi. - Bisnis.com
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – PT Jasa Marga (Persero) Tbk. Berharap masyarakat dapat memanfaatkan vaksinasi drive thru yang digelar perusahaan bersama Badan Intelijen Strategis TNI di Tol Jagorawi selama 1 bulan ke depan.

Subakti Syukur, Direktur Utama Jasa Marga, mengatakan bahwa pihaknya mendukung penuh langkah Badan Intelijen Strategis (BAIS) TNI yang menyelenggarakan vaksinasi Covid-19. Dia pun berharap masyarakat dapat memanfaatkan vaksinasi yang dilakukan di Tol Jagorawi tersebut hingga 1 bulan ke depan.

“Kami berharap kegiatan ini dapat berkontribusi dalam meningkatkan jumlah individu yang sudah divaksin, sehingga turut serta mendukung pemerintah dalam percepatan vaksinasi nasional. Kegiatan ini terbuka untuk masyarakat umum yang memenuhi syarat dan ketentuan berlaku, terutama bagi pengguna jalan tol yang menggunakan akses Tol Jagorawi sebagai rute harian,” katanya, Rabu (1/9/2021).

Subakti menuturkan, pihaknya akan mendorong pengguna Tol Jagorawi yang belum melakukan vaksin atau baru mendapatkan vaksin dosis pertama untuk mengikuti vaksinasi drive thru.

Proses screening yang dilakukan di rest area pun, kata dia, akan menggunakan mekanisme walk thru dengn tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

“Untuk kegiatan vaksinasi dilakukan secara drive thru, sehingga bisa lebih cepat dan aman karena tidak menimbulkan kerumunan. Peserta yang divaksin bisa tetap berada di dalam kendaraannya masing-masing,” ujarnya.

Dia juga menyampaikan, pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Level 3 untuk wilayah aglomerasi Jabodetabek, membuat lalu lintas harian rata-rata (LHR) di Tol Jagorawi pada Agustus 2021 sebanyak 366.000 kendaraan per hari di kedua arah.

Sementara itu, Kepala BAIS TNI Letnan Jenderal TNI Joni Supriyanto mengatakan bahwa kegiatan yang masih menjadi bagian dari vaksinasi massal 'Serbuan Vaksinasi' TNI itu bertujuan untuk mendorong percepatan vaksinasi COVID-19, sehingga herd immunity bisa segera tercapai.

Selain itu, vaksin yang sudah teruji aman dan halal juga menjadi kunci agar kegiatan masyarakat kembali normal secara perlahan dan mendorong pemulihan ekonomi.

“Kami menyediakan dua jenis vaksin yang berbeda, untuk yang ke arah Bogor kami sediakan Pfizer dengan 200 dosis per harinya, dan untuk yang ke arah Jakarta menggunakan Sinovac yang mencapai 1.000 dosis per harinya,” katanya.

Dalam pelaksanaannya, lokasi registrasi dan screening untuk vaksinasi di Tol Jagorawi arah Jakarta dilakukan secara walk thru di Rest Area KM 38+200 B dan Rest Area KM 21+400 B, dimana pendaftaran peserta langsung dilakukan di lokasi.

Sementara itu, untuk lokasi vaksin Sinovac dengan drive thru dilakukan di Eks Gerbang Tol (GT) Cimanggis Utama Km 18+600 B.

Kemudian untuk lokasi registrasi dan screening vaksinasi di Tol Jagorawi arah Bogor yang menggunakan Pfizer secara walk thru dilakukan di Rest Area KM 10+600 A. Khusus vaksin Pfizer wajib melakukan registrasi online terlebih dahulu melalui https://serbuanvaksin24.org/jagorawi yang dibuka satu hari sebelumnya, setiap pukul 16.00 WIB.

Proses vaksinasi untuk arah Bogor dilakukan secara drive thru di Eks GT Cibubur Utama KM 14+000 A.

Adapun, syarat untuk mengikuti vaksinasi tersebut adalah WNI, berusia 12+, mempunyai KTP, diperbolehkan bagi wanita hamil dengan usia kehamilan 14–33 minggu, berlaku untuk vaksinasi pertama dan kedua, dan bila mempunyai komorbid harus membawa surat keterangan layak vaksin dari dokter spesialis yang merawat, membawa alat tulis sendiri, serta tidak membawa anak kecil di lokasi vaksin.

Untuk memastikan pengguna jalan yang mengakses Tol Jagorawi tetap aman dan nyaman, Jasa Marga juga telah memastikan Standar Pelayanan Minimal (SPM) tetap terpenuhi dengan melakukan perambuan dan pengaturan lalu lintas di sekitar lokasi vaksin untuk memastikan kelancaran lalu lintas.

Selain itu, untuk memastikan informasi ini diterima dengan baik oleh pengguna jalan, Jasa Marga melakukan sosialisasi melalui media sosial, media massa, serta media luar ruang berupa spanduk, umbul-umbul, hingga Variable Message Sign (VMS).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jasa marga vaksinasi tol jagorawi
Editor : Lili Sunardi
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top