Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PPKM Level 3 Diperpanjang, Tingkat Kunjungan Mal Masih Landai

APPBI menyebut tingkat kunjungan mal masih landai kendati pemerintah menurunkan level PPKM di sejumlah daerah.
Salah satu sudut di Mal Grand Indonesia nampak sepi pengunjung, Rabu (11/8/2021)./Bisnis-Rio Sandy P.
Salah satu sudut di Mal Grand Indonesia nampak sepi pengunjung, Rabu (11/8/2021)./Bisnis-Rio Sandy P.

Bisnis.com, JAKARTA - Pelonggaran operasional bertahap yang diberikan pemerintah untuk pusat belanja atau mal selama PPKM diperpanjang ternyata tak langsung berdampak positif terhadap tingkat kunjungan. Sejumlah segmen pusat belanja diperkirakan pulih lebih lambat.

Ketua Umum Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) Alphonzus Widjaja menjelaskan kunjungan ke pusat belanja saat ini banyak didorong oleh beroperasinya tenant di bidang makanan dan minuman (food and beverages).

“Tingkat kunjungan ke pusat perbelanjaan saat ini lebih didorong oleh kategori makanan dan minuman. Untuk kategori lain pergerakannya masih sangat landai,” kata Alphonzus, Selasa (31/8/2021).

Alphonzus memperkirakan pusat belanja dengan mayoritas tenant yang memberi layanan nonpangan tetap akan tumbuh, seiring dengan izin mobilitas masyarakat dan pemulihan ekonomi. Namun, dia memperkirakan pertumbuhannya tetap akan terbatas dibandingkan dengan mal-mal yang menawarkan lebih banyak pilihan dine-in.

“Sektor usaha sandang atau busana mengalami pertumbuhan paling lambat,” tambahnya.

Untuk memperbaiki kinerja bisnis setelah lebih dari sebulan tak diizinkan beroperasi, Alphonzus mengemukakan pelonggaran menjadi kunci. Selain itu, masyarakat memerlukan jaminan dalam beraktivitas secara aman dan sehat.

“Saat ini ada dua instrumen penting untuk mendukung hal tersebut yaitu protokol kesehatan yang telah diberlakukan selama ini dan sekarang ditambah dengan protokol wajib vaksinasi,” katanya.

Sebagaimana diketahui, tak semua pusat perbelanjaan menawarkan produk-produk kebutuhan sehari-hari. Terdapat beberapa pusat perbelanjaan yang menawarkan produk-produk khusus elektronika dan sandang, di antaranya adalah beberapa pusat perbelanjaan di bawah pengelolaan ITC Group seperti ITC Roxy Mas dan ITC Mangga Dua.

Sementara itu, pemerintah mulai menambah waktu operasional pusat perbelanjaan selama PPKM menjadi sampai pukul 21.00 waktu setempat dengan tingkat kunjungan maksimal 50 persen dari kapasitas. Selain itu, restoran di pusat belanja mulai diizinkan memberi layanan dine-in dengan kapasitas 50 persen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper