Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Konsumen Asia Tenggara Makin Puas Belanja Lewat e-Commerce

Bain & Company melaporkan tingkat kepuasan konsumen di Asia Tenggara terhadap platform e-commerce makin meningkat dalam 1 tahun terakhir.
Rahmad Fauzan
Rahmad Fauzan - Bisnis.com 31 Agustus 2021  |  17:07 WIB
Konsumen Asia Tenggara Makin Puas Belanja Lewat e-Commerce
Ilustrasi belanja online. / istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Tingkat kepuasan konsumen terhadap platform belanja daring, atau yang lebih dikenal dengan istilah e-commerce, dilaporkan mengalami peningkatan yang signifikan dalam kurun 1 tahun terakhir.

Dalam laporan Bain & Company berjudul Southeast Asia, The Home For Digital Transformation, meningkatnya daya tarik dan tingkat kepuasan terhadap layanan perusahaan e-commerce terjadi seiring dengan dilakukannya perbaikan pendekatan pengalaman konsumen.

"Kepuasan konsumen melonjak signifikan hanya dalam kurun 1 tahun. Diperkirakan terjadi seiring dengan dilakukannya upaya peningkatan daya tarik melalui perbaikan dalam hal pendekatan terhadap pengalaman konsumen," ungkap laporan tersebut seperti dikutip, Selasa (31/8/2021).

Adapun, Net Promoter Scores (NPS) e-commerce di Asia Tenggara mengalami kenaikan 2 kali lipat, dan bahkan dalam beberapa kasus 5 kali lipat. Sebagai contoh, rerata NPS e-commerce berada di angka 53 persen, naik dari tahun sebelumnya sebanyak 23 persen.

Beberapa negara yang tercatat mengalami kenaikan NPS secara signifikan adalah Singapura yang naik 5,2 kali lipat dari 5 persen menjadi 26 persen; Vietnam naik 3,3 kali lipat dari 20 persen menjadi 65 persen; dan Filipina 2,5 kali lipat dari 26 persen menjadi 64 persen.

"Tidak hanya ketiga negara tersebut, NPS setiap negara di Asia Tenggara juga terlihat mengalami kenaikan jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya," ungkap laporan tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

e-commerce konsumen
Editor : Rio Sandy Pradana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top