Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Insentif PPN Diperpanjang, Pasar Apartemen Mulai Pulih Tahun Depan

Konsultan properti Colliers Indonesia memprediksi pasar apartemen tetap tak bisa keluar dari tekanan meski insentif PPN diperpanjang hingga akhir tahun ini.
M. Syahran W. Lubis
M. Syahran W. Lubis - Bisnis.com 09 Agustus 2021  |  14:26 WIB
Insentif PPN Diperpanjang, Pasar Apartemen Mulai Pulih Tahun Depan
Aktivitas pembangunan gedung apartemen di Jakarta. - Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA – Pemerintah memperpanjang masa berlaku stimulus fiskal untuk properti berupa pemangkasan Pajak Pertambahan Nilai Ditanggung Pemerintah (PPN DTP) hingga akhir 2021, dari semula berakhir Agustus, dengan harapan dapat mendongkrak bisnis properti termasuk memacu penjualan apartemen.

Namun, Coliers Indonesia berasumsi tidak akan ada perubahan di pasar hingga akhir tahun ini dan perusahaan konsultan properti berharap pemulihan terealisasi tahun depan.

Menurut Colliers, meskipun insentif PPN DTP itu diterapkan mulai 1 Maret 2021, sepanjang paruh pertama tahun ini pertumbuhan penjualan apartemen masih mengecewakan.

Oleh karena insentif fiskal itu diperpanjang hingga akhir 2021, menurut Colliers, pengembang akan tetap kesulitan menaikkan harga.

Rata-rata harga permintaan apartemen di sejumlah wilayah DKI Jakarta (Rp/m2)

Selain itu, kasus Covid-19 di Indonesia, khususnya di Jakarta, yang sempat kembali meningkat, membuat konsumen lebih berhati-hati karena kondisi semakin tidak menentu.

“Oleh karena itu, kami berasumsi tidak akan ada perubahan di pasar hingga akhir tahun ini dan berharap pemulihan terjadi mulai 2022. Tingkat penerimaan tetap stagnan di level 87,2 persen. Bagaimana pun kami berharap ada perbaikan karena program insentif PPN diperpanjang hingga akhir 2021,” ungkap Colliers.

Colliers memerinci satu proyek telah selesai pada kuartal ini dan enam proyek lainnya diharapkan selesai tahun ini dengan 3.672 unit.

“Tak satu pun dari proyek menaikkan harga permintaan mereka pada kuartal ini dan kami memprediksi ini akan terjadi setidaknya sampai kuartal berikutnya,” papar Colliers.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

apartemen bisnis properti stimulus fiskal
Editor : M. Syahran W. Lubis

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top