Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Raih World’s Best Staff Airport 2021, Ini Garda Terdepan Bandara Soetta

Skytrax World Airport Awards 2021 merupakan ajang bergengsi kelas dunia yang memberikan penghargaan bagi bandara-bandara terbaik di dunia berdasarkan survei dengan responden yang berasal lebih dari 100 negara.
Ilustrasi. Penumpang pesawat berada di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang. /Bisnis.com
Ilustrasi. Penumpang pesawat berada di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang. /Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA – Bandara Soekarno-Hatta berhasil meraih Skytrax World Airport Awards 2021 sebagai peringkat 10 kategori World’s Best Staff Airport 2021.

Penghargaan ini diberikan sejalan dengan kualitas staf front liner di bandara mencakup perilaku, keramahan dan efisiensi dalam melayani pelanggan. Staf front liner termasuk staf yang bekerja membantu pelanggan, staf keamanan, staf imigrasi, staf ritel, dan lain sebagainya.

President Director PT Angkasa Pura II (Persero) Muhammad Awaluddin mengatakan penghargaan dari dunia internasional ini membuktikan dedikasi staf di Bandara Soekarno-Hatta dalam menjalankan tugas dan pekerjaannya.

“Kami sangat bangga dan berterima kasih kepada seluruh staf frontliner di Bandara Soekarno-Hatta, baik staf dari AP II maupun stakeholder lainnya, atas dedikasi menjalankan tugas. Pandemi Covid-19 tidak menjadi alasan bagi kalian untuk tetap memberikan pelayakan kepada masyarakat, dan kini kalian menjadi salah satu yang terbaik di dunia,” katanya, dikutip dari keterangan resminya, Minggu (8/8/2021).

Inovasi juga dihadirkan dalam layanan kepada pelanggan di Bandara Soekarno-Hatta, seperti misalnya adanya personel digital officer with digital device, Video Customer Assistant (VICA), concierge express, dan lain sebagainya.

Berikut ini secara umum staf front liner AP II yang bertugas di Bandara Soekarno-Hatta untuk melayani berbagai kebutuhan penumpang pesawat dan pengunjung bandara:

  1. Service Quality Inspector

Bertugas untuk memastikan pelanggan dapat selalu mendapatkan seamless journey experience selama di bandara dengan mengukur, memantau, menganalisis aktivitas pelayanan di bandara. Selain itu, petugas juga melakukan tindak lanjut atas temuan yang menyangkut pelayanan di bandara.

  1. Customer service

Bertugas melakukan kegiatan pelayanan informasi di information counter atau melalui VICA (Video Customer Assistant), melakukan pengumuman terkait penerbangan dan non-penerbangan melalui Public Adress System, menangani kebutuhan pelanggan secara langsung maupun tidak langsung, dan juga melakukan pelayanan di VIP room.

  1. Digital Officer with Digital Device

Petugas customer service yang dilengkapi dengan berbagai gadget untuk memastikan suatu isu dapat ditangani dengan baik agar tidak semakin besar.

  1. Golf Car Assistant

Bertugas memberikan layanan alat transportasi di dalam gedung terminal menggunakan golf car.

  1. Aviation Security

Bertugas melakukan pengendalian dan pengawasan keamanan bandara termasuk melakukan pemeriksaann keamanan terhadap orang, barang dan kendaraan.

  1. Land Transportation Assistant

Bertugas mengawasi dan memastikan terpenuhinya standar layanan pada Shelter Ground Transportasion dan Skytrain.

  1. Transit Oriented Development (TOD) Service

Bertugas mengawasi dan memastikan terpenuhinya standar layanan TOD yang terletak di area belakang Bandara Soekarno-Hatta, sebagai gedung transit bagi perjalanan masyarakat untuk dapat menuju ke dalam bandara menggunakan transportasi publik

  1. Concierge Express

Petugas yang memberikan layanan asistensi dan helper premium yang dapat digunakan oleh calon penumpang pesawat yang dapat dipesan melalui aplikasi traveling atau langsung di tenan di terminal penumpang

  1. Terminal inspection services

Petugas yang memastikan kesiapan fasilitas layanan di gedung terminal penumpang serta melakukan pengukuran terhadap standar layanan.

Skytrax World Airport Awards 2021 merupakan ajang bergengsi kelas dunia yang memberikan penghargaan bagi bandara-bandara terbaik di dunia berdasarkan survei dengan responden yang terlibat berasal lebih dari 100 negara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rahmi Yati
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper