Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pelindo I dan Pertamina Garap Marine Service di Selat Malaka

Pelindo I menggandeng Pertamina Trans Kontinental menggarap bisnis marine services di Selat Malaka.
Kapal nelayan melintas dengan latar belakang matahari terbit di perairan Selat Malaka, Lhokseumawe, Aceh, Rabu (8/4/2020). -Antara
Kapal nelayan melintas dengan latar belakang matahari terbit di perairan Selat Malaka, Lhokseumawe, Aceh, Rabu (8/4/2020). -Antara

Bisnis.com, JAKARTA – PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo I menggali potensi bisnis penyediaan jasa perkapalan atau marine services terbarunya dengan PT Pertamina Trans Kontinental di Selat Malaka.

Direktur Transformasi dan Pengembangan Bisnis Pelindo I Joko Noerhudha mengatakan dengan wilayah operasional Pelindo I yang meliputi Aceh, Sumatra Utara, Riau, dan Kepulauan Riau memang memiliki potensi besar dalam bisnis marine services. Terlebih, Sabang merupakan ujung barat pintu masuk Indonesia dan didukung dengan Kepulauan Riau yang juga memiliki wilayah yang strategis, terutama wilayah Batam.

“Wilayah-wilayah operasional Pelindo I yang memiliki halaman depan Selat Malaka ini menjadi peluang dan potensi besar untuk mengembangkan bisnis marine service. Harapannya Pelindo I dan PTK bisa bekerja bersama dan bekerja sama untuk meraih peluang-peluang marine services di wilayah Selat Malaka,” katanya, Jumat (6/8/2021).

Prasetyo juga berharap kerja sama ini bisa lebih menguatkan bisnis marine services di Indonesia yang nantinya mampu mendukung program pemerintah untuk turut menurunkan biaya logistik nasional.

Ruang lingkup nota kesepahaman yang ditandatangani oleh kedua belah pihak meliputi kerja sama dalam bisnis pelayaran dan kepelabuhanan yang meliputi sewa menyewa kapal, jasa pemanduan, jasa penundaan, pergudangan, teknologi informasi, lahan penumpukan, dan kegiatan- kegiatan pendukung lainnya, pengembangan terminal yang saat ini dikelola oleh PTK atau afiliasinya untuk kegiatan off shore, curah cair, petikemas, dan jasa logistic port to door.

Pelindo I, sebutnya, memang tengah gencar mengembangkan bisnis marine services di wilayah operasionalnya melalui kerja sama dengan mitra strategis. Pada Juli lalu, Pelindo I juga menandatangani kerjasama dengan PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) untuk pelayanan pemanduan, penundaan, dan jasa lainnya di lokasi terminal khusus (tersus) RAPP.

Pelindo I juga melakukan penandatanganan kerja sama Operasi Pelayanan Jasa Pemanduan, Penundaan, dan jasa lainnya dengan PT Kawasan Industri Dumai (KID) pada Maret lalu.

Kerja sama tersebut dilakukan untuk kegiatan pelayanan kapal di tersus milik PT KID – Pelintung. Tak hanya itu, pada 2020 perseroan juga menandatangani Perjanjian Kerjasama dengan Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Batam untuk operasional jasa pemanduan dan penundaan kapal di Perairan Wajib Pandu di Lingkungan Kerja Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Batam.

Direktur Utama PTK Nepos MT Pakpahan mengatakan perusahaan bersama dengan Pelindo I memiliki beberapa jenis usaha yang saling beririsan. Dengan demikian hal ini menjadi prioritas bagi PTK dan Pelindo I untuk dapat melakukan kerja sama dalam layanan bisnis pelayaran, kepelabuhanan, serta logistik dasar yang dilakukan dengan prinsip saling melengkapi, memperkuat, dan saling menguntungkan bagi kedua belah pihak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper