Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tes Antigen Acak di KRL Berlanjut Hingga Pekan Ini

Pada Senin (28/6/2021) pagi ini, KAI Commuter Line mengklaim kondisi seluruh stasiun normal, lancar, serta kondusif dengan pengunjung yang tetap antre mengikuti arahan petugas di lapangan.
Pemudik melakukan tes antigen di perbatasan Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Sumatera Selatan, Selasa (18/5/2021). /ANTARA
Pemudik melakukan tes antigen di perbatasan Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Sumatera Selatan, Selasa (18/5/2021). /ANTARA

Bisnis.com, JAKARTA — PT KAI Commuter memperpanjang pelaksanaan tes acak antigen bagi pengguna KRL selama sepekan ke depan di sebanyak 6 stasiun dari semula yang hanya diadakan sampai Minggu (27/6/2021).

VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba mengatakan kebijakan yang berlaku ini juga sama seperti sebelumnya dengan pelaksanaan tes acak antigen dimulai Pk.08.00 WIB, kecuali di Stasiun Tanah Abang dan Manggarai yang dimulai Pk.15.00 WIB.

“Pelaksanaan tes acak antigen yang semula diadakan sampai Minggu (27/6) lalu, akan diperpanjang sepekan kedepan di enam stasiun yaitu Stasiun Bogor, Cikarang, Bekasi, Tangerang, Tanah Abang, dan Manggarai. Sama seperti sebelumnya, pelaksanaan tes acak antigen dimulai pukul 08.00 WIB, kecuali di Stasiun Tanah Abang dan Manggarai yang dimulai pukul 15.00 WIB,” ujarnya melalui siaran pers, Senin (28/6/2021).

Adapun, Anne juga menyampaikan memasuki pekan terakhir Juni, Senin (28/6/2021) pagi ini kondisi di seluruh stasiun normal, lancar, serta kondusif dengan tetap antre mengikuti arahan petugas di lapangan. Hingga pukul 09.00 WIB KAI Commuter mencatat pengguna di seluruh stasiun sebanyak 126.980 orang atau berkurang sekitar 17 persen dibandingkan dengan waktu yang sama pekan lalu yaitu 152.113 orang.

Berkurang jumlah pengguna KRL sejalan dengan anjuran pemerintah untuk mengurangi aktivitas diluar rumah jika tidak mendesak. Di tengah berkurangnya aktivitas masyarakat yang menggunakan KRL, KAI Commuter tetap mengoperasikan 994 perjalanan per hari mulai Pk.04.00 – Pk.22.00 WIB. Pengguna dianjurkan untuk merencanakan perjalanannya dengan baik agar terhindar dari potensi kepadatan di stasiun maupun di dalam kereta, serta tidak memaksakan diri untuk naik ke kereta apabila sudah memenuhi kuota.

Selain itu, kata Anne, protokol kesehatan harus tetap dilakukan terutama dalam hal menjaga jarak, dengan sistem penyekatan pengguna pada jam-jam sibuk. Selain pengaturan jaga jarak, KAI Commuter juga mengajak para pengguna KRL untuk tetap menerapkan protokol kesehatan lainnya, seperti memakai masker dan mencuci tangan sebelum dan sesudah naik KRL dengan memanfaatkan wastafel tambahan yang tersedia di stasiun.

Para petugas juga secara konsisten membersihkan rangkaian KRL saat beroperasi, melakukan pencucian saat KRL tidak beroperasi, dan penyemprotan disinfektan. KAI Commuter berkomitmen agar kesehatan, kebersihan, dan kenyamanan pengguna saat naik KRL tetap terjaga.

Anne juga hendak mengingatkan bahwa sejak Juni tahun lalu telah mengeluarkan larangan bagi anak di bawah usia lima tahun (balita) untuk menggunakan KRL.

“KAI Commuter mengimbau kepada para orang tua agar tidak membawa anak-anaknya terutama yang balita untuk naik KRL. Mari jaga kesehatan anak-anak kita dengan tetap beraktivitas dari rumah yang lingkungan dan kebersihannya dapat sepenuhnya diawasi,” tekannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper