Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bisnis.com, JAKARTA – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) sudah mengoperasikan kapal ternak di Pelabuhan Calabai, Nusa Tenggara Barat (NTB) bagi masyarakat Kabupaten Dompu dan sekitarnya.

Kepala Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Kelas III Calabai Hani Mamengko menyebutkan dengan beroperasinya kapal ternak tersebut, kedepan harus bisa menjalin sinergi dan koordinasi dengan Pemerintah Daerah (Pemda) setempat serta stakeholder terkait lainnya untuk memanfaatkan potensinya.

"Kami menyambut peluang pengiriman hewan ternak sapi melalui jadwal rutin kapal Tol Laut melalui pelabuhan Calabai. Kapal Ternak tentunya memiliki banyak keunggulan dan manfaat, terutama dari segi biaya atau ongkos yang murah karena ada subsidi dari pemerintah,” ujarnya melalui siaran pers, Selasa (22/6/2021).

Selain itu, dia juga mengharapkan kualitas daging yang berasal dari daerah tersebut menjadi meningkat dan lebih baik lagi. Selanjutnya, kata dia, untuk Meminimalisir Biaya pengiriman Hewan ternak kedepan akan bekerjasama dengan Perusahaan yang dapat Mengirim Daging Sapi beku melalui kontainer.

Ke depannya, dia berharap komoditi lain dari daerah tersebut juga dapat diangkut melalui kapal Tol Laut. "Kami berharap pengangkutan Komoditi Jagung dapat dilakukan melalui kontainer Serta hasil bumi lainnya seperti jambu Mente," ujarnya.

Bupati Dompu, Kader Jaelani merasa bangga karena aspirasi masyarakat dan upaya dari berbagai pihak akhirnya Kabupaten Dompu bisa melaksanakan pelepasan kapal tol laut khusus pengangkutan ternak di pelabuhan Calabai. Dia menjelaskan kapal pengangkut mampu membawa hingga 500 sapi dalam satu kali perjalanan sesuai dengan penugasan dari Kementerian Perhubungan. Itu artinya potensi perekonomian di Kabupaten Dompu sangat menjanjikan terutama kegiatan usaha peternak sapi sebagai komoditi utama.

“Mari kita manfaatkan semaksimal mungkin laut ini untuk tidak hanya mengirim sapi hidup tetapi juga dalam bentuk daging maka keuntungan akan lebih banyak,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi NTB, Khaerul Ihwan berharap agar adanya tol laut tersebut mampu dimanfaatkan secara maksimal guna meningkatkan pendapatan masyarakat dan daerah. Salah satunya, yakni selain untuk mengangkut ternak, juga sebisa mungkin memanfaatkan kapal yang datang dari daerah lain dengan kondisi kosong untuk mengirim komoditi lain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper