Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Punya Strategi Kuat, Keju Lokal Bali Bertahan di Tengah Covid-19

Saat pandemi kegiatan hotel dan restoran benar-benar mati. Padahal sebagian besar keju dipasok ke sektor tersebut di Bali.
Keju Rosalie Kalyana. /Rosalie Kalyana
Keju Rosalie Kalyana. /Rosalie Kalyana

Bisnis.com, JAKARTA — Produsen keju lokal, CV Rosalie Kalyana asal Bali tak gentar menghadapi pandemi Covid-19 yang telah meruntuhkan bisnis horeka di Bali. Pasalnya, selama ini bisnis keju Rosalie mayoritas dipasok untuk horeka di Bali.

Pendiri CV Rosalie Kalyana Ayu Utami Linggih mengatakan saat pandemi kegiatan hotel dan restoran benar-benar mati. Alhasil, jika tidak memutar otak dan mengubah strategi penjualan maka akan sulit untuk bertahan.

"Makanya kemudian kami mulai penjualan di e-commerce dan memasarkan ke luar Bali karena daya beli masih ada. Kami juga gerak melalui berbagai channel online untuk mengajari konsumsi keju di rumah," katanya dalam diskusi virtual, Jumat (11/6/2021).

Ayu menilai sebenarnya saat ini konsumsi keju di Indonesia memiliki tren meningkat. Namun, umumnya melalui pangan olahan di berbagai restoran atau hotel. Untuk itu, peluang memasuki pasar rumahan masih besar.

Berbagai upaya jemput bola masuk langsung ke pasar konsumen itu pun cukup membuahkan hasil. Pertumbuhan penjualan perusahaan oleh konsumen secara langsung pun mencata peningkatan selama pandemi.

Sejalan dengan hal itu, Ayu juga sedang mencoba untuk fokus memasuki pasar ekspor. Saat ini produknya baru dikenalkan di Brunei Darussalam dan langsung mendapat sambutan yang baik.

"Keju kami juga terjamin halal dan di Brunei belum memiliki produsen keju lokal sendiri sehingga ketika kami kenalkan mereka cukup menyambut baik," ujarnya.

Selanjutnya, Ayu berharap Keju Rosalie bisa masuk paling tidak ke sejumlah negara jiran seperti Malaysia, Singapura, dan lainnya.

Adapun dari segi bahan baku, berbeda dari keju pada umumnya, keju Rosalie dibuat dari susu kambing etawa yang diambil dari peternak di Jawa Timur dan Bali. Menurut Ayu, nutrisi dalam susu kambing tersebut lebih tinggi dan relatif mudah dicerna oleh tubuh manusia.

Pada proses pengentalan keju Rosalie telah dipastikan aman untuk anak-anak dan kalangan vegetarian.

Keju Rosalie memiliki beberapa jenis produk, di antaranya Halloumi, Gouda, dan Chevre yang cocok untuk olahan masakan. Selain itu, ada pula Black Pepper Goat, Black dan White, dan Milton yang pas untuk dimakan langsung. Ada pula Grated Cheese yang bisa digunakan untuk bahan adonan kue.

Pada jenis Black and White, keju Rosalie menggunakan abu kelapa yang belum ditemukan di merek keju lainnya.

"Kami juga menggunakan unsur budaya pada kemasan kami yaitu dengan menggunakan besek Bali yang dapat digunakan kembali atau untuk proses memasak keju menggunakan oven," kata Ayu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ipak Ayu
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper