Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pelatihan Spa Therapist hingga YouTuber Segera Hadir di BLK Komunitas

Salah satu jenis kejuruan baru dan akan menjadi andalan Kemenaker dalam mendukung sektor pariwisata adalah kejuruan spa therapist.
Terapi spa/News.com.au
Terapi spa/News.com.au

Bisnis.com, JAKARTA – Balai Latihan Kerja (BLK) Komunitas yang dibangun Kementerian Ketenagakerjaan membuka berbagai jenis kejuruan pelatihan vokasi yang menarik untuk mempersiapkan tenaga kerja yang berkompeten dan berdaya saing.

Berbagai jenis kejuruan akan terus dikembangkan sesuai kebutuhan dan potensi daerah masing-masing, antara lain spa therapist, kuliner, pembuatan konten film dan youtuber, barista, serta animasi.

Salah satu jenis kejuruan baru dan akan menjadi andalan Kemenaker dalam mendukung sektor pariwisata adalah kejuruan spa therapist. Kejuruan spa alias traditional healing ini dapat melayani pasar tenaga kerja dalam negeri, luar negeri, maupun wirausaha sehingga peluang bagi lulusannya untuk bekerja menjadi lebih besar

“Sejumlah BLK Komunitas di kawasan  Danau Toba, Borobudur, Mandalika, dan Labuan Bajo akan dibangun khusus untuk kejuruan spa. Untuk mempersiapkan jurusan baru itu, Kemnaker telah bekerja sama dengan Martha Tilaar, Mustika Ratu,  Wardah dll," Kata Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah, dikutip dari keterangan resminya, Jumat (11/6/2021).

Ida mengatakan dalam pelatihan spa di BLK Komunitas ini, para siswa akan diajarkan bagaimana meramu bahan-bahan ramuan tradisional, memijat, totok wajah, refleksi, lulur, creambath, hingga menyambut tamu, menjaga kebersihan dan kenyamanan ruangan spa.

“Spa merupakan layanan jasa penunjang pariwisata. Indonesia kaya dengan memanfaatkan rempah-rempah dan bahan jamu-jamuan. Lama pelatihan sekitar 1,5 bulan. Nanti setelah lulus pelatihan, para siswa akan menerima sertifikat yang sudah disiapkan dan didampingi untuk menempatan kerjanya," jelasnya.

Selain itu, ada juga pelatihan kuliner yang merupakan sub industri jasa yang akan tetap laku sepanjang masa. Sepanjang manusia membutuhkan makanan, maka usaha kuliner tetap menjanjikan sehingga pelatihan ini banyak diminati oleh peserta pelatihan di BLK komunitas

“Melalui BLK Komunitas bidang kuliner, keahlian-keahlian membuat beraneka masakan pun diajarkan. Mau belajar masakan internasional, ada. Aneka kreasi pasta, pizza, dimsum, sushi, kimchi dan selera manca negara lainnya, bisa diajarkan di BLK Komunitas," tambahnya.

Dalam pelatihan jurusan kuliner, peserta pelatihan belajar membuat kue, cake, pastry, hingga bagaimana menghidangkan makanan dengan cantik, juga bisa dipelajari di BLK Komunitas. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper