Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ekspektasi Masyarakat terhadap Lapangan Kerja Menguat di Mei 2021, Tanda Pemulihan?

Indeks Ekonomi Saat Ini (IKE) pada Mei 2021 meningkat menjadi sebesar 86,8 dari 80,3 pada bulan sebelumnya. Peningkatan tersebut terjadi pada seluruh komponen pendorongnya, terutama pada Indeks Ketersediaan Lapangan Kerja, yang naik sebesar 9,4 pon menjadi 77,4.
Pegawai DKI Jakarta menyelesaikan pekerjaannya di kantor Balai kota Jakarta, Rabu (10/2/2021)./Antararn
Pegawai DKI Jakarta menyelesaikan pekerjaannya di kantor Balai kota Jakarta, Rabu (10/2/2021)./Antararn

Bisnis.com, JAKARTA - Persepsi konsumen terhadap kondisi ekonomi pada Mei 2021 terpantau membaik dibandingkan dengan bulan sebelumnya, meski masih berada di zona pesimis.

Bank Indonesia (BI) mencatat, Indeks Ekonomi Saat Ini (IKE) pada Mei 2021 meningkat menjadi sebesar 86,8 dari 80,3 pada bulan sebelumnya.

Peningkatan tersebut terjadi pada seluruh komponen pendorongnya, terutama pada Indeks Ketersediaan Lapangan Kerja, yang naik sebesar 9,4 pon menjadi 77,4.

“Persepsi konsumen terhadap ketersediaan kapangan kerja saat ini terpantau membaik pada seluruh kelompok pendidikan, utamanya pada responden dengan tingkat pendidikan pascasarjana,” tulis BI dalam laporannya, Rabu (9/6/2021).

Di samping lapangan kerja, BI mencatat persepsi konsumen terhadap perbaikan penghasilan juga terpantau membaik sejalan dengan adanya tambahan penghasilan berupa THR bagi para pekerja, serta adanya peningkatan omzet responden pelaku usaha pada periode Ramadan dan Idulfitri.

Indeks Penghasilan Saat Ini pada Mei 2021 mengalami peningkatan pada mayoritas kategori pengeluaran, terutama pada kelompok responden dengan tingkat pengeluaran Rp1-Rp2 juga per bulan.

Sejalan dengan itu, keyakinan konsumen untuk melakukan pembelian barang tahan lama juga membaik dibandingkan dengan periode April 2021, terutama untuk jenis barang elektronik dan perabot rumah tangga.

Kenaikan tersebut terjadi pada sebangian besar kelompok pengeluaran, terutama pada responden dengan pengeluaran Rp1-Rp4 juta per bulan.

Adapun secara spasial, IKE terpantau menguat di 7 kota dengan kenaikan tertinggi terjadi di Medan, Surabaya, dan Manado.

Dalam laporan yang sama, BI juga menyampaikan bahwa optimisme konsumen terhadap perkiraan kondisi ekonomi 6 bulan ke depan terpantau masih tinggi meski turun tipis dari bulan sebelumnya.

Indeks Ekspektasi Kondisi ekonomi (IEK) pada Mei 2021 tercatat sebesar 122,1, turun tipis dari April 2021 sebesar 122,6. Responden memperkirakan kegiatan usaha dan penghasilan pada 6 bulan mendatang tidak sebaik bulan sebelumnya.

Sementara, responden memperkirakan peningkatan ketersediaan lapangan kerja pada 6 bulan mendatang meningkat. Berdasarkan tingkat pendidikan, indeks ini naik pada responden dengan latar belakang pendidikan SLTA.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Maria Elena
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper