Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Jalan Tol Cimanggis–Cibitung Ditargetkan Selesai Juni 2022

Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) mengungkapkan pembangunan jalan tol Cimanggis–Cibitung ditargetkan selesai pada pertengahan tahun depan.
Yanita Petriella
Yanita Petriella - Bisnis.com 31 Mei 2021  |  20:56 WIB
Gerbang Tol Cimanggis 2, ruas tol Jagorawi - Jasa Marga
Gerbang Tol Cimanggis 2, ruas tol Jagorawi - Jasa Marga

Bisnis.com, JAKARTA – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat menargetkan pembangunan Jalan Tol Cimanggis–Cibitung sebagai salah satu ruas pada jaringan tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) 2 selesai pada Juni 2022.

Pembangunan jalan tol JORR 2 merupakan salah satu upaya memperlancar arus lalu lintas di area Jabodetabek, yang melewati empat kabupaten/kota yaitu Kota Depok, Kota Bekasi, Kabupaten Bogor, dan Kabupaten Bekasi.

Sekretaris Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Triono Junoasmono mengatakan saat ini secara keseluruhan progres pembebasan lahan jalan tol Cimanggis–Cibitung mencapai 86,52 persen dan progres pelaksanaan konstruksinya telah mencapai 78,80 persen.

Pembebasan lahan tengah diselesaikan dalam waktu dekat sehingga ditargetkan rampung pada Juni 2022.

“Jalan tol ini sangat bermanfaat khususnya untuk mengurangi atau mempercepat waktu tempuh, jika sebelumnya jalan nasional yang tertumpu disana, maka nantinya akan terbagi antara jalan tol dan jalan nasional," ungkap Triono melalui keterangan tertulis Senin (31/5/2021).

Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) DKI Jakarta, Hari Suko Setiono menjelaskan bahwa tugas balai bersama BPJT adalah melakukan pengawasan teknis dan kualitas konstruksi sampai pada tahap pengoperasian.

Jalan Tol Cimanggis-Cibitung yang dikerjakan oleh PT Cimanggis Cibitung Tollways ini memiliki total panjang 26,2 km yang dibagi menjadi dua seksi, yaitu Seksi 1 ruas Junction Cimanggis-On/Off Ramp Jatikarya/Transyogi (3,17 km) yang telah beroperasi sejak 26 Oktober 2020, dan Seksi 2 Ruas On/Off Ramp Jatikarya-Junction Cibitung (23 km).

Pelaksanaan konstruksi pada Seksi 2 ini terdiri dari Segmen Jatikarya–Cikeas (3,38 km) yang ditargetkan rampung pada Desember 2021 dan Segmen Cikeas–Cibitung (19,63 km) pada Juni 2022.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jalan tol bpjt
Editor : M. Syahran W. Lubis

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top