Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jalan Tol Cimanggis–Cibitung Ditargetkan Selesai Juni 2022

Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) mengungkapkan pembangunan jalan tol Cimanggis–Cibitung ditargetkan selesai pada pertengahan tahun depan.
Gerbang Tol Cimanggis 2, ruas tol Jagorawi/Jasa Marga
Gerbang Tol Cimanggis 2, ruas tol Jagorawi/Jasa Marga

Bisnis.com, JAKARTA – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat menargetkan pembangunan Jalan Tol Cimanggis–Cibitung sebagai salah satu ruas pada jaringan tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) 2 selesai pada Juni 2022.

Pembangunan jalan tol JORR 2 merupakan salah satu upaya memperlancar arus lalu lintas di area Jabodetabek, yang melewati empat kabupaten/kota yaitu Kota Depok, Kota Bekasi, Kabupaten Bogor, dan Kabupaten Bekasi.

Sekretaris Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Triono Junoasmono mengatakan saat ini secara keseluruhan progres pembebasan lahan jalan tol Cimanggis–Cibitung mencapai 86,52 persen dan progres pelaksanaan konstruksinya telah mencapai 78,80 persen.

Pembebasan lahan tengah diselesaikan dalam waktu dekat sehingga ditargetkan rampung pada Juni 2022.

“Jalan tol ini sangat bermanfaat khususnya untuk mengurangi atau mempercepat waktu tempuh, jika sebelumnya jalan nasional yang tertumpu disana, maka nantinya akan terbagi antara jalan tol dan jalan nasional," ungkap Triono melalui keterangan tertulis Senin (31/5/2021).

Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) DKI Jakarta, Hari Suko Setiono menjelaskan bahwa tugas balai bersama BPJT adalah melakukan pengawasan teknis dan kualitas konstruksi sampai pada tahap pengoperasian.

Jalan Tol Cimanggis-Cibitung yang dikerjakan oleh PT Cimanggis Cibitung Tollways ini memiliki total panjang 26,2 km yang dibagi menjadi dua seksi, yaitu Seksi 1 ruas Junction Cimanggis-On/Off Ramp Jatikarya/Transyogi (3,17 km) yang telah beroperasi sejak 26 Oktober 2020, dan Seksi 2 Ruas On/Off Ramp Jatikarya-Junction Cibitung (23 km).

Pelaksanaan konstruksi pada Seksi 2 ini terdiri dari Segmen Jatikarya–Cikeas (3,38 km) yang ditargetkan rampung pada Desember 2021 dan Segmen Cikeas–Cibitung (19,63 km) pada Juni 2022.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper