Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Genjot Ekspor ke Madagaskar, Alat Pertanian Jadi Andalan

Kerja sama di bidang alat pertanian sangat potensial mengingat Madagaskar merupakan negara agraris.
Nindya Aldila
Nindya Aldila - Bisnis.com 23 Mei 2021  |  10:44 WIB
Madagaskar-Indonesia - indocropcircles.wordpress.com
Madagaskar-Indonesia - indocropcircles.wordpress.com

Bisnis.com, JAKARTA – Perwakilan RI Madagaskar membidik kerja sama di bidang mesin pertanian dan teknologi sederhana yang dimiliki oleh pebisnis Indonesia dengan pelaku usaha setempat.

Kuasa Usaha Tetap (Kutap RI) Antananarivo Benny Yan Pieter Siahaan mengatakan volume perdagangan kedua negara belum mencerminkan potensi sesungguhnya.

Untuk itu, KBRI Antananarivo terus mendorong serta memfasilitasi upaya meningkatkan hubungan ekonomi dan perdagangan Indonesia-Madagaskar. Salah satu caranya, menurutnya dengan menggelar business matching antara beberapa pengusaha Indonesia dan Madagaskar yang bergerak di bidang mesin pertanian yang dilakukan pada Jumat (21/5/2021).

Pimpinan PD. Karya Mitra Group, penyedia alat pertanian, Jonny Sinaga mengatakan kerja sama di bidang alat pertanian sangat potensial mengingat Madagaskar merupakan negara agraris. Sebab, di negara tersebut sebagian besar penduduknya bekerja di sektor pertanian, perikanan dan peternakan.

“Madagaskar dapat menjadi mitra potensial bagi PD. Karya Mitra Group mengingat 85 persen penduduk Madagaskar adalah petani pembudidayaan skala kecil,” katanya seperti dikutip dari keterangan tertulis KBRI Antananarivo pada Minggu (23/5/2021).

Perwakilan Kadin Tamatave Madame Eva Andriamihaja mengatakan pengusaha muda di Madagaskar memiliki minat tinggi membangun usaha, tetapi sering terbentur masalah mahalnya alat dan mesin pertanian, sehingga terpaksa menggunakan teknologi tradisional.

Untuk itu, kerja sama ini dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan produktivitas dan portofolio usahanya.

Dia juga tertarik pada alat pengelolaan tebuh menjadi minumun bermutu seperti jus, alat packaging produk pertanian jadi, alat perikanan dan alat pengelolaan singkong dan breadfruit (Soanambo).

Sementara itu, sejumlah pengusaha juga menunjukkan minat menggunakan produk Indonesia. Pengusaha asal Toliara, Léon Randriantsiatoagny mengungkapkan pelaku usaha perikanan di Madagaskar membutuhkan alat perikanan dengan menggunakan teknologi modern tetapi khusus untuk small farmer.

Selain itu, muncul pula kebutuhan alat atau mesin pengelolaan kacang-kacangan, white beans (dry grain) menjadi makanan bermutu dan bernilai tinggi.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ekspor pertanian madagaskar alat pertanian
Editor : Yustinus Andri DP

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top