Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Gerakan Rumah Subsidi Berkualitas Kontribusi untuk Masyarakat

PPDPP Kementerian PUPR menyatakan gerakan pembangunan rumah bersubsidi berkualitas merupakan salah satu bentuk kontribusi pemerintah untuk masyarakat.
Pekerja menyelesaikan pembangunan perumahan di Jonggol, Kabupaten Bogor, Jawa Barat./Bisnis.com
Pekerja menyelesaikan pembangunan perumahan di Jonggol, Kabupaten Bogor, Jawa Barat./Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA – Gerakan membangun rumah subsidi berkualitas dapat memberikan kontribusi pemerintah kepada masyarakat, kata Direktur Utama Pusat Pengelolaan dan Pembiayaan Perumahan (PPDPP) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Arief Sabaruddin

"Gerakan ini diharapkan dapat memberi kontribusi pemerintah untuk masyarakat dalam bentuk rumah bersubsidi," kata Arief melalui keterangan tertulis pada Selasa (18/5/2021).

Dia menambahkan untuk pelatihan 3.000 tenaga kerja manajemen konstruksi bagi pengembang akan dilaksanakan secara daring melalui 3 batch mengingat situasi pandemi sekarang.

"Kami menggunakan pelatihan reguler dengan modul eksisting dari bina konstruksi dan ditambahkan modul aplikasi berbasis IT untuk pelatihannya," katanya.

Pelatihan tidak dipungut biaya dan meskipun pelatihan dilaksanakan secara daring, materi yang diterima peserta akan sama layaknya pelatihan reguler.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mencanangkan gerakan membangun rumah subsidi berkualitas sekaligus membuka pelatihan tersebut di Auditorium Kementerian PUPR, Selasa (18/5/2021).

Acara ini merupakan upaya Kementerian PUPR dalam memenuhi kebutuhan hunian layak bagi masyarakat berpenghasilan rendah.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menyampaikan program perumahan ini masih tetap menjadi prioritas Presiden Joko Widodo.

Gerakan tersebut diwujudkan melalui bantuan pembiayaan perumahan oleh PPDPP Ditjen Pembiayaan Infrastruktur Pekerjaan Umum dan Perumahan Kementerian PUPR.

Bantuan tersebut meliputi Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP), Bantuan Pembiayaan Perumahan Berbasis Tabungan (BP2BT), dan Subsidi Bantuan Uang Muka (SBUM).

Selain itu, penggunaan aplikasi Sistem Pemantauan Konstruksi (SiPetruk) juga turut mempermudah proses pembangunan rumah subsidi. Dengan aplikasi itu, pemerintah, masyarakat, dan pemangku kepentingan lainnya dapat memastikan setiap proses konstruksi berjalan secara akuntabel dan transparan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper