Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Setelah Lebaran, Industri Alas Kaki Berharap Momentum Sekolah Tatap Muka

Industri alas kaki dalam negeri setidaknya mendapat tiga momentum yang selalu mendongkrak kinerja, yakni Lebaran, masuk sekolah, dan periode Natal Tahun Baru.
Ipak Ayu
Ipak Ayu - Bisnis.com 17 Mei 2021  |  19:28 WIB
Pengunjung memilih sepatu di pameran produk kulit - JIBI
Pengunjung memilih sepatu di pameran produk kulit - JIBI

Bisnis.com, JAKARTA — Industri alas kaki kembali mengharapkan adanya momentum sekolah tatap muka bisa dimulai sesuai dengan ekspektasi pada Juli 2021 ini. Hal itu guna mendorong kinerja yang telah melandai sejak tahun lalu.

Direktur Eksekutif Asosiasi Persepatuan Indonesia (Aprisindo) Firman Bakrie mengatakan untuk industri dalam negeri setidaknya ada tiga momentum yang selalu mendongkrak kinerja pabrikan yakni Lebaran, Sekolah, dan periode Natal Tahun Baru.

"Kalau ada ajaran baru biasanya order pabrikan meningkat untuk sepatu sekolah jadi harapan kami Juli memang sudah tatap muka," katanya kepada Bisnis, Senin (17/5/2021).

Firman menyebut untuk Lebaran kali ini kendati kunjungan ritel terpantau membaik tetapi belum merembes untuk order di pabrikan. Artinya, ritel masih sebatas menghabiskan stok yang masih ada sejak tahun lalu.

Padahal umumnya 3 bulan-4 bulan sebelum Lebaran pabrik sudah penuh untuk memenuhi order pasar ritel.

Sisi lain, untuk pasar ekspor saat ini terpantau sudah tumbuh. Aprisindo mencatat adanya kenaikan ekspor alas kaki sebesar 9,9 persen selama kuartal I/2021. Pertumbuhan diperkirakan turut dipengaruhi oleh pulihnya ekonomi China yang mencetak pertumbuhan 18,3 persen pada tiga bulan pertama 2021.

"Beberapa pabrikan juga ada yang memiliki order dari merk baru, mereka yang biasanya order di Vietnam sekarang mulai menambah kapasitas dengan order di Indonesia ini akan jadi katalis positif," ujar Firman.

Firman juga menyebut rencana produsen sepatu asal Jepang, Asics yang merelokasi pabrik dari China diharapkan dapat turut mendorong daya saing industri dalam negeri.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sekolah lebaran alas kaki
Editor : Hafiyyan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top