Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Menkop UKM Sebut Struktur Ekonomi Indonesia Didominasi Sektor Kurang Produktif

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mencatat dari total 64 juta pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Indonesia, hanya 3,47 persen di antaranya yang sudah dapat dikategorikan wirausahawan.
Dany Saputra
Dany Saputra - Bisnis.com 07 Mei 2021  |  09:00 WIB
Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Teten Masduki di Jakarta, Jumat (19/6/2020). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti
Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Teten Masduki di Jakarta, Jumat (19/6/2020). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA – Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki menyebut struktur perekonomian Indonesia didominasi oleh sektor kurang produktif.

Pasalnya, Teten mencatat dari total 64 juta pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Indonesia, hanya 3,47 persen di antaranya yang sudah dapat dikategorikan wirausahawan.

“Dari 64 juta pelaku usaha UMKM, hanya 3,47 persen yang sudah masuk dalam kategori wirausahawan. Ini menandakan bahwa struktur ekonomi kita didominasi oleh sektor yang kurang produktif,” jelas Teten dalam sambutannya pada UMKM Milenial Summit 2021, Kamis (6/5/2021).

Di lain sisi, Teten menilai persentase wirausahawan sebesar 3,47 persen di Indonesia masih lebih rendah dibandingkan dengan negara-negara maju, yang rata-rata sudah memiliki porsi kewirausahaan sebesar 14 persen.

Untuk mengatasi hal tersebut, Teten mengatakan pemerintah akan segera menyelesaikan Peraturan Presiden (Perpres) Kewirausahaan guna mencetak lebih banyak pengusaha baru di Indonesia.

“Saat ini kami sedang selesaikan Perpres Kewirausahaan agar ekosistem usaha ke depannya semakin baik,” ujarnya.

Selain dengan payung hukum, Teten juga mengatakan Komite Kewirausahaan akan turut membantu upaya penghasilan wirausaha baru dengan memberikan pendampingan melalui pendekatan inkubasi dan profesional. Hal tersebut dilakukan agar calon wirausaha dapat tumbuh berkembang.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

wirausaha umkm kemenkop ukm
Editor : Hadijah Alaydrus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top