Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ketua KSSK: Stabilitas Sistem Keuangan Kuartal I/2021 dalam Kondisi Normal

Pemulihan ekonomi tercermin dari menurunnya kasus Covid-19 karena didukung oleh program vaksinasi.
Jaffry Prabu Prakoso
Jaffry Prabu Prakoso - Bisnis.com 03 Mei 2021  |  16:00 WIB
Menteri Keuangan Sri Mulyani memberikan sambutan acara virtual saat acara Bisnis Indonesia Award di Jakarta, Senin (14/12/2020). Bisnis - Abdurachman
Menteri Keuangan Sri Mulyani memberikan sambutan acara virtual saat acara Bisnis Indonesia Award di Jakarta, Senin (14/12/2020). Bisnis - Abdurachman

Bisnis.com, JAKARTA -- Ketua Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) Sri Mulyani Indrawati mengatakan bahwa sistem keuangan nasional pada tiga bulan pertama 2021 dalam kondisi normal
 
“Stabilitas sistem keuangan triwulan I/2021 dalam kondisi normal di tengah pandemi Covid-19 yang masih terus berlangsung,” katanya pada konferensi pers virtual, Senin (3/5/2021).
 
Sri Mulyani, yang juga menjabat sebagai Menteri Keuangan, menjelaskan bahwa instansinya bersama Bank Indonesia (BI), Otoritas Jasa Keuangan (OJK), dan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) yang tergabung dalam KSSK akan terus menjaga stabilitas sistem keuangan.

“Dan juga memperkuat sinergi agar stabilitas sistem keuangan dapat terus terjaga bersamaan dengan mengawal momentum pemulihan ekonomi nasional,” jelasnya.
 
Pemulihan ekonomi, terang Sri tercermin dari menurunnya kasus Covid-19 karena didukung oleh program vaksinasi.
 
Dampaknya, sejumlah indikator dini menunjukkan arah perbaikan. Salah satunya adalah purchasing managers index (PMI) yang berada di zona ekspansi. Bahkan, data terbaru yang dia dapat telah meningkat dari 53,2 pada Maret menjadi 54,6 bulan lalu.
 
“Data PMI ekspansi tersebut melanjutkan tren penguatan. Sementara itu, ekspor juga terus membaik. Inflasi terkendali pada level yang relaitf rendah. Sedangkan cadangan devisa US$137,1 miliar. Ini setara dengan 10,1 bulan impor,” ucapnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sri mulyani kssk stabilitas sistem keuangan
Editor : Annisa Sulistyo Rini

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top