Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Prosedur Baru! Penumpang Internasional Lewati 9 Check Point di Bandara

PT Angkasa Pura II menyebutkan penumpang kedatangan internasional harus melewati 9 check point di Bandara Soekarno-Hatta untuk turut mencegah penyebaran Covid-19.
Anitana Widya Puspa
Anitana Widya Puspa - Bisnis.com 02 Mei 2021  |  18:39 WIB
Ruang Tunggu Bandara Soekarno Hatta.  - AP2
Ruang Tunggu Bandara Soekarno Hatta. - AP2

Bisnis.com, JAKARTA - Satgas Udara Penanganan Covid-19 bersama dengan PT Angkasa Pura II (Persero) atau AP II menetapkan prosedur baru kedatangan internasional di Bandara Soekarno-Hatta dengan sebanyak sembilan titik pengecekan.

Director of Operation & Service AP II Muhamad Wasid mengatakan melalui prosedur baru yang dijalankan sejak 30 April 2021, penumpang dari luar negeri yang tiba di bandara berkode CGK itu wajib melalui sebanyak sembilan checkpoint untuk memproses kedatangan.

"Stakeholder Bandara Soekarno-Hatta di bawah Satgas Udara Penanganan Covid-19 bersama-sama menjaga prosedur ini dapat berjalan dengan baik untuk turut mencegah penyebaran Covid-19,” ujarnya melalui siaran pers, Minggu (2/5/2021).

Adapun sebanyak 9 checkpoint tersebut adalah penumpang mengisi data diri dan penerbangan melalui aplikasi Hotel Reservation di area kedatangan internasional. Kedua, Pemeriksaan dokumen kesehatan oleh Kantor Kesehatan Pelabuhan Kementerian Kesehatan (KKP Kemenkes). Ketiga, Pendataan penumpang internasional terkait lokasi karantina.

Keempat, penumpang menjalani proses keimigrasian. Kelima, penumpang mengambil bagasi di baggage claim area. Keenam, lenumpang menjalani proses kepabeanan

Penumpang melakukan registrasi di Help Desk Hotel untuk proses karantina. Kedelapan penumpang kembali menjalani pendataan identitas diri dan lokasi karantina yang dilakukan oleh Polresta Bandara. Terakhir, penumpang dijemput bus untuk menuju lokasi karantina dengan konsep single pick up point. Bus yang boleh menjemput hanya yang sudah ditunjuk

“Sejak diterapkan pada 30 April 2021, prosedur dapat dijalankan dengan baik untuk memastikan persyaratan-persyaratan kedatangan internasional dipenuhi oleh WNI dan WNA yang tiba dari luar negeri. Kami berterima kasih kepada penumpang pesawat yang telah dengan baik menjalani prosedur kedatangan internasional,” jelasnya.

Dia juga menambahkan prosedur baru ini diharapkan juga dapat mendukung kelancaran proses karantina bagi penumpang pesawat di lokasi yang telah ditentukan, baik itu di Wisma Atlet Pademangan atau di hotel-hotel.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

angkasa pura ii
Editor : Rio Sandy Pradana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top