Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pengembangan Food Estate di Kapuas & Pulang Pisau Dilakukan Bertahap

Pengembangan di lahan seluas 164.000 hektare lebih di areal eks PLG untuk food estate terdiri atas intensifikasi dan ekstensifikasi.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 28 April 2021  |  13:43 WIB
Presiden Jokowi dan Menhan Prabowo Subianto saat meninjau kawasan food estate di Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah, awal Juli 2020. - Instagram/Prabowo
Presiden Jokowi dan Menhan Prabowo Subianto saat meninjau kawasan food estate di Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah, awal Juli 2020. - Instagram/Prabowo

Bisnis.com, PALANGKA RAYA — Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Peternakan (TPHP) Provinsi Kalimantan Tengah Sunarti mengatakan pengembangan kawasan food estate di wilayah Kabupaten Kapuas dan Pulang Pisau dilakukan bertahap.

"Tentunya pengembangan tidak dilakukan langsung serentak, tetapi bertahap, serta menyesuaikan kondisi anggaran pemerintah. Pada tahap pertama tahun 2020 dilaksanakan di lahan seluas 30.000 hektare," katanya, Rabu (28/4/2021).

Pengembangan di lahan seluas 164.000 hektare lebih di areal eks PLG [pengembangan lahan gambut] untuk food estate terdiri atas intensifikasi dan ekstensifikasi.

Intensifikasi seluas 85.000 hektare lebih, meliputi Kapuas seluas 55.000 hektare lebih dan Pulang Pisau seluas 29.000 hektare lebih. Ekstensifikasi seluas 79.000 hektare lebih, meliputi Kapuas 53.000 hektare lebih dan Pulang Pisau 25.000 hektare lebih. Ini merupakan konkret luas lahan yang akan dikembangkan.

"Kemudian 2021 lahan intensifikasi mencapai 21.000 hektare dan ekstensifikasi nantinya harus disiapkan survei, investigasi dan desain [SID]," katanya.

Sunarti memaparkan, saat ini tahapannya yakni penyusunan SID seluas 22.500 hektare dan diharapkan bisa realisasi konstruksi ekstensifikasi pada musim tanam Oktober—Maret mendatang.

"Ekstensifikasi yang sudah memiliki SID yakni 1.212 hektare di Kapuas. Ini juga sedang jalan," jelas Sunarti.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

food estate kapuas

Sumber : Antara

Editor : Zufrizal

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top