Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Genie Indonesia: Belanja Online Meningkat Drastis Selama Pandemi

Saat pemberlakuan PSBB di awal pandemi tahun lalu, platform omni-channel Genie mencatat telah memproses 52 juta pesanan. Jumlah pesanan tersebut 220 kali lebih banyak dari tahun 2019.
Dany Saputra
Dany Saputra - Bisnis.com 23 April 2021  |  21:00 WIB
Ilustrasi e-commerce - CC0
Ilustrasi e-commerce - CC0

Bisnis.com, JAKARTA – Pandemi Covid-19 justru mendongkrak kegiatan belanja online dan e-commerce. General Manager Genie Indonesia Evelyin Wu mengatakan banyak orang yang terpaksa melakukan pembelian kebutuhan dasar, produk kesehatan, buku, peralatan rumah, sampai makanan peliharaan secara online karena pemberlakukan pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

Saat pemberlakuan PSBB di awal pandemi tahun lalu, platform omni-channel Genie mencatat telah memproses 52 juta pesanan. Jumlah pesanan tersebut 220 kali lebih banyak dari tahun 2019.

“Tren e-commerce ini berlanjut dengan pendirian 50.000 toko oleh Genie di tahun lalu, dan sejak itu setiap bulan kami terus melihat pertumbuhan sebesar 20 persen setiap bulannya,” jelas Evelyin kepada Bisnis, Jumat (23/4/2021).

Di sisi demografis, Evelyin memaparkan dari seluruh total usia pelaku belanja online di Indonesia, 80 persen di antaranya dari Gen Z dan kelompok milenial. Meski begitu, masih banyak orang berumur 50 tahun ke atas yang juga berbelanja online melalui anak atau keluarga mereka yang lebih muda.

Meksipun masyarakat sudah mulai nyaman untuk tidak berbelanja secara fisik, Evelyin melihat masyarakat masih memilih belanja secara fisik untuk membeli barang-barang mahal dan interaksi secara langsung.

“Mereka [pelanggan] ingin kepercayaan, kredibilitas, produk berkualitas, serta pelayanan yang profesional dan responsif. Mereka juga menghargai interaksi dan percakapan meskipun dalam bentuk konten dan video interaktif, daripada melalui platform media sosial,” kata Evelyin.

Adapun, terkait dengan yang dibeli masyarakat selama pandemi, Genie mencatat produk yang paling banyak dicari selama 2020 yaitu kebutuhan rumah tangga sebesar tiga kali lipat secara tahun ke tahun (year-on-year/yoy) dibandingkan 2019.

Lalu, produk kesehatan seperti masker dan hand sanitizer, serta makanan dan produk perawatan hewan sebesar tiga kali lipat. Sementara buku dan peralatan rumah berasal dari kayu sebesar 2,5 kali lipat.

Adapun, Genie merupakan platform manajemen penjualan omnichannel yang dapat membantu usaha lokal untuk menciptakan dan mengatur toko online dan offline mereka dengan mudah. Para pemilik usaha dapat menggunakan Genie untuk mendirikan toko online dan offline sekali saja tanpa harus mendirikannya secara terpisah di platform e-commerce yang sudah ada sebelumnya.

Sejak tahun lalu, Genie telah melakukan kemitraan dengan berbagai pemain utama platform e-commerce di Indonesia. Maka itu, pemiliki usaha dapat mengatur segalanya dalam satu sistem mulai dari pendaftaran produk, inventarisasi, pendataan pelanggan dan jasa, serta akuntansi dan pembayaran.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

toko online transaksi online ecommerce
Editor : Ropesta Sitorus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top