Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Terdampak Pandemi, Pengusaha Bus Diminta Utamakan Keselamatan

Menhub Budi Karya Sumadi meminta pengusaha bus tetap mengutamakan keselamatan kendati sektor usahanya terdampak pandemi Covid-19.
Rahmi Yati
Rahmi Yati - Bisnis.com 20 April 2021  |  14:26 WIB
Calon penumpang berjalan menuju bus antarkota antarprovinsi (AKAP) di area pemberangkatan terminal Pulo Gebang, Jakarta, Selasa (21/4/2020). Bisnis - Arief Hermawan P
Calon penumpang berjalan menuju bus antarkota antarprovinsi (AKAP) di area pemberangkatan terminal Pulo Gebang, Jakarta, Selasa (21/4/2020). Bisnis - Arief Hermawan P

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meminta para operator angkutan umum baik barang maupun penumpang untuk tetap mengutamakan keselamatan dalam beroperasi.

Hal itu disampaikan Menhub dalam webinar bertajuk Sinergi Pemerintah dan Operator dalam Mewujudkan Angkutan yang Berkeselamatan yang digelar secara daring, Selasa (20/4/2021).

"[Karena pandemi Covid-19] kita membatasi jumlah penumpang dan keinginan masyarakat untuk bergerak lebih rendah. Tentu operator secara ekonomi tertekan. Tapi bagaimana dalam keadaan seperti itu keselamatan ini tetap dijalankan," kata Budi.

Dia berharap webinar yang turut menghadirkan pihak dari Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT), Korlantas Polri, pengamat kebijakan publik dan transportasi, hingga pengusaha angkutan baik penumpang dan orang itu dapat menghasilkan suatu regulasi yang bagus dan bisa dilaksanakan oleh para operator.

"Memang ada beberapa pertanyaan yang perlu dijawab. Bagaimana peran pemerintah pusat dan daerah meningkatkan upaya peningkatan keselamatan, bagaimana peran operator, bagaimana persepsi masyarakat dan pengusaha terhadap apa yang sudah dilakukan," jelasnya.

Lebih lanjut Budi berharap, melalui diskusi itu pertanyaan-pertanyaan tersebut dapat segera terjawab. Dia juga mendorong dibangunnya sinergi antara pemerintah dan operator angkutan untuk mewujudkan keselamatan penyelenggaraan transportasi yang dinilai penting karena kelancaran penyelenggaraan transportasi tergantung pada bagaimana upaya keselamatan dilakukan.

"Kita ingin membangkitkan angkutan logistik agar menjadi lebih bagus, lalu supaya angkutan orang semakin nyaman dan berkeselamatan," tutupnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Kemenhub
Editor : Rio Sandy Pradana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top