Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sandiaga Uno Yakin Vaksinasi Dorong Pemulihan Sektor Ekonomi Kreatif

Pelaksanaan vaksinasi kepada pelaku ekonomi kreatif diharapkan dapat mendorong percepatan pemulihan di sektor tersebut.
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno - Dok. Setpres
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno - Dok. Setpres

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno optimistis vaksinasi yang dilakukan terhadap pelaku ekonomi kreatif dapat meningkatkan produktivitas serta membangkitkan sektor tersebut.

“Harapannya, ini membangkitkan semangat, membangkitkan satu motivasi, bahwa sektor ini tentunya kita harus sama-sama berjuang melawan pandemi,” ujarnya usai mendampingi Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meninjau vaksinasi bagi seniman dan budayawan, di Galeri Nasional Indonesia, Senin (19/04/20214).

Dia mengatakan upaya pengendalian pandemi juga dilakukan dengan disiplin dalam penerapan protokol kesehatan 3M yakni memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak serta pengintensifan 3T yaitu tracingtest dan treatment.

“Dengan penekanan pada vaksinasi, juga 3M yang kemarin kita perjuangkan bersama, 3T, kita bisa menekan angka penularan Covid-19 ini. Jika pandemi ini terkendali dan kita bisa pulih kembali, sektor ekonomi kreatif akan segera bangkit dan segera pulih,” ujarnya.

Sandiaga Uno menjelaskan bahwa pelaku di sektor ekraf berkisar 18 sampai 20 juta orang yang bergerak di 17 subsektor. Tiga subsektor utama yaitu kuliner, fesyen, dan kriya.

Selain itu juga terdapat subsektor lain seperti perfilman, musik, animasi, hingga penerbitan.

Menurutnya, kontribusi sektor ekonomi kreatif terhadap produk domestik bruto (PDB) nasional merupakan yang terbesar ketiga di dunia setelah Amerika Serikat dan Korea Selatan.

“Kita harapkan sumbangsih Rp1.100 triliun dari sektor ekonomi kreatif ini bisa paling tidak kita pertahankan dan justru ada kesempatan, ada peluang untuk bangkit dan pulih kembali. Makanya hari ini kita sangat apresiasi para budayawan, para seniman sebagai pelaku sektor ekonomi kreatif ini mendapat giliran vaksinasi,” ujarnya.

Komedian Lies Hartono alias Cak Lontong mengatakan bahwa keikutsertaannya dan seluruh masyarakat dalam program vaksinasi merupakan hal yang harus dilakukan untuk dapat membantu pemerintah dalam mengupayakan penanganan pandemi.

“Saya mengatakan di sini [vaksinasi] wajib kita laksanakan dan diterima oleh masyarakat karena ini adalah yang terbaik yang bisa dilakukan masyarakat dan pemerintah untuk menghadapi masa Covid-19 ini. Teman-teman seniman dan budayawan antusias menjalani vaksinasi ini dan diharapkan bisa menularkan dan memberi semangat optimisme dan positif kepada masyarakat,” ujarnya.

Sementara itu, aktor senior Slamet Rahardjo Djarot yang termasuk ke dalam kategori masyarakat lanjut usia (lansia), menyampaikan apresiasi atas program vaksinasi yang ia nilai sebagai bagian dari upaya pemerintah dalam melindungi rakyatnya.

“Jadi dalam hal ini itu tanda bahwa pemimpin kita melindungi rakyatnya, itu saja. Jadi saya harus berterima kasih,” kata Slamet.

Slamet Rahardjo juga menyampaikan harapan agar setelah divaksinasi dirinya bisa berkarya lebih banyak lagi. “Umur saya 72 [tahun], dengan saya sehat semoga [berumur] lebih panjang lagi, dan bisa berkreasi lebih banyak lagi,” tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rayful Mudassir
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper