Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Piala Dunia U-20, Empat Stadion Selesai Rehab Akhir April 2021

Stadion yang dimaksud adalah Stadion Manahan di Solo, Stadion Jalak Harupat di Bandung, Stadion Gelora Sriwijaya di Palembang, dan Stadion Bangkalan di Madura.
Andi M. Arief
Andi M. Arief - Bisnis.com 14 April 2021  |  15:35 WIB
Foto udara Stadion Utama Riau di Kota Pekanbaru, Riau, Kamis (13/2/2020). PSSI memasukan Riau sebagai salah satu dari 11 kota kandidat penyelenggara Piala Dunia U-20 di Indonesia pada 2021. p - ANTARA / FB Anggoro
Foto udara Stadion Utama Riau di Kota Pekanbaru, Riau, Kamis (13/2/2020). PSSI memasukan Riau sebagai salah satu dari 11 kota kandidat penyelenggara Piala Dunia U-20 di Indonesia pada 2021. p - ANTARA / FB Anggoro

Bisnis.com, JAKARTA — Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyatakan setidaknya akan ada empat stadion lokasi Piala Dunia FIFA U-20 yang selesai direhabilitasi bulan ini.

Direktur Prasarana Strategis Kementerian PUPR Iwan Suprijanto mengatakan sejauh ini proses rehabilitasi seluruh stadion utama dan pendukung Piala Dunia FIFA U-20 berjalan lancar. Seperti diketahui, Kementerian PUPR bertanggung jawab atas rehabilitasi Stadion Manahan di Surakarta dan beberapa stadion pendukung.

"[Stadion] di Solo, Jawa Barat, Sumatra Selatan, dan Jata Timur, akhir bulan ini selesai [proses rehabilitasinya]," katanya kepada Bisnis, Rabu (14/4/2021).

Stadion yang dimaksud Iwan adalah Stadion Manahan di Solo, Stadion Jalak Harupat di Bandung, Stadion Gelora Sriwijaya di Palembang, dan Stadion Bangkalan di Madura. Iwan mencatat perkembangan proses rehabilitasi keempat stadion tersebut kini berada di kisaran 90 persen.

Menurutnya, pekerjaan rehabilitasi yang sedang dikerjakan saat ini adalah pemenuhan kelayakan rumput untuk pertandingan. Iwan menyampaikan proses penanaman dan penumbuhan rumput di stadion berakselerasi dengan cuaca dan tingkat curah hujan yang mendukung.

"Rumput itu membutuhkan waktu dan treatment yang benar-benar siap untuk dipakai. Kalau hijau saja sudah [saat ini], tapi [dari segi] kerataan, kerapatan dan sebagainya belum memadai," ucapnya.

Sebelumnya, Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR Diana Kusumastuti mengatakan pihaknya sedang merenovasi empat lapangan latihan sepak bola di Surakarta, yakni Lapangan Kota Barat, Lapangan Banyuanyar, Lapangan Sriwedari, dan Lapangan Sriwaru. Adapun, total anggaran yang diserap oleh lima proyek renovasi tersebut mencapai Rp80,8 miliar.

Renovasi venue utama dan lapangan latihan di Kota Solo dikerjakan oleh PT Nindya Karya (Persero), dengan nilai kontrak Rp78,8 miliar. Adapun, Manajemen Konstruksi proyek tersebut dipegang oleh PT Yodya Karya (Persero) dengan nilai kontrak Rp2 miliar.

Selain lima lapangan di Surakarta, Kementerian PUPR juga sedang merenovasi 10 lapangan lainnya untuk mendukung Piala Dunia FIFA U-20. Adapun, 15 stadion dan lapangan latihan tersebut tersebar di Palembang, Bandung, Solo, Bali, dan Surabaya.

Setidaknya ada lima stadion utama lainnya yang akan digunakan pada ajang tersebut, yakni Stadion Utama Gelora Bung Karno di Jakarta, Stadion Gelora Bung Tomo di Surabaya, Stadion Sriwijaya Jakabaring di Palembang, Si Jalak Harupat di Bandung, dan Stadion I Wayan Dipta di Bali.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

infrastruktur piala dunia u-20 Kementerian PUPR
Editor : Muhammad Khadafi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top