Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini Alasan Kegiatan Pelabuhan Cirebon Tetap Normal Selama Pandemi Covid-19

Lebih lanjut, dikabarkan pula bahwa Pelabuhan Cirebon dan pihak terkait lainnya kini masih terus menggodok pengembangan pelabuhan yakni Heritage Port.
Aprianus Doni Tolok
Aprianus Doni Tolok - Bisnis.com 10 April 2021  |  16:26 WIB
Pelabuhan Cirebon
Pelabuhan Cirebon

Bisnis.com, CIREBON - Kegiatan kepelabuhan di Pelabuhan Cirebon berjalan cukup normal di masa pandemi Covid-19. Pasalnya komoditas utama yang dibongkar di pelabuhan ini adalah batu bara.

"Di Cirebon itu pelabuhan bongkar. Kemudian, komoditas barang mayoritasnya adalah batu bara sehingga dikaitkan dengan dampak pandemi relatif atau hampir tidak ada efeknya,” kata Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Cirebon Wismantono kepada tim Jelajah Pelabuhan Indonesia 2021, di Cirebon, Sabtu (10/4/2021).

Lebih lanjut, dia menyampaikan bahwa di masa mendatang, pengembangan jenis komoditas masih sangat mungkin dilakukan di Pelabuhan Cirebon, salah satunya kerajinan rotan hingga tekstil.

Bahkan, kata Wismantono, potensi komoditas tersebut bisa menembus pasar ekspor.

“Cirebon ini ada potensi untuk ekspor yaitu kerajinan rotan, ukiran kayu, dan tekstil. Ini potensi yang bisa dikembangkan,” imbuhnya.

Lebih lanjut, dikabarkan pula bahwa Pelabuhan Cirebon dan pihak terkait lainnya kini masih terus menggodok pengembangan pelabuhan yakni Heritage Port.

Namun, dalam waktu dekat yaitu hingga akhir tahun ini pihaknya akan berfokus pada perbaikan fasilitas pelabuhan yang ada.

“Salah satu kendala yang akan kami benahi adalah pendalaman draft mulai masuk sampai kolam pelabuhan. Ini jadi prioritas pelabuhan,” ungkapnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pelabuhan
Editor : Andhika Anggoro Wening

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top