Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Subsidi Gratis Ongkir, Amunisi Jasa Kurir Jelang Lebaran

Anteraja menilai rencana subsidi gratis ongkir dari pemerintah bisa menjadi amunisi pelaku jasa kurir jelang Lebaran.
Anitana Widya Puspa
Anitana Widya Puspa - Bisnis.com 09 April 2021  |  14:17 WIB
Motor listrik yang digunakan oleh kurir AnterAja. - istimewa
Motor listrik yang digunakan oleh kurir AnterAja. - istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Kebijakan pemerintah menggulirkan subsidi dalam bentuk gratis ongkos kirim (ongkir) guna mendongkrak daya beli masyarakat menjadi sentimen positif bagi pelaku jasa kurir dan ekspedisi.

CEO Anteraja Suyanto Tjoeng menilai kabar tersebut bisa menjadi suntikan amunisi yang positif mengingat menjelang Lebaran biasanya memang terjadi peningkatan permintaan di perdagangan daring. Anteraja, sebutnya, siap untuk mendukung dna mengikuti rencana yang tengah digodok oleh pemerintah tersebut.

Namun, terkait dengan efektifitas kebijakan tersebut, Suyanto memilih mengevaluasinya setelah kebijakan tersebut direalisasikan. Pasalnya kebijakan tersebut merupakan hal baru yang belum pernah dilakukan oleh pemerintah.

“Soal efektif atau tidaknya, kami baru bisa menilai setelah terjadi ya. Yang jelas memasuki momen lebaran, arus transaksi di e-commerce biasanya akan meningkat karena masyarakat banyak mengirimkan parcel dan juga hampers untuk keluarga dan koleganya,” ujarnya, Jumat (9/4/2021).

Selain itu, pihaknya juga masih harus menunggu kejelasan aturan tersebut kedepannya seperti apa. Sebab rencana tersebut akan dikoordinasikan bekerjasama dengan Asosiasi, platform digital, pelaku Usaha Mikro Kecil Menegah (UMKM), produsen lokal, dan para pelaku logistik lokal.

Sejauh ini dia menilai mobilitas masyarakat sudah mulai mengalami peningkatan termasuk arus logistik yang juga sudah mulai membaik. Menurutnya kondisi tersebut menggambarkan bahwa perekonomian tanah air sudah mulai membaik. Tentunya dia juga berharap setelah vaksinasi berjalan dengan lancar, pemulihan ekonomi juga dapat tercapai.

Asosiasi Perusahaan Jasa Pengiriman Ekspres, Pos, dan Logistik Indonesia (Asperindo) juga menyambut gembira wacana pemberian subsidi ongkos kirim oleh pemerintah pada penyelenggaraan Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) yang jatuh pada H-10 dan H-5 Idulfitri.

Ketua Asperindo M. Feriadi menuturkan secara logis dengan adanya subsidi ongkos kiri dapat dirasakan langsung oleh konsumen dan mendorong aktivitas belanja daring.

"Bisa mendongkrak transaksi yang terjadi apalagi dengan adanya subsidi ongkir ini. Kami menduga pastinya akan semakin meningkat," ujarnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

logistik
Editor : Rio Sandy Pradana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top