Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KAI Jelaskan Progres LRT Jabodebek

PT Kereta Api Indonesia melaporkan progres persiapan LRT Jabodebek yang bakal beroperasi pertengahan 2022.
Sebanyak 19 trainset dari total 31 trainset LRT Jabodebek telah dikirim ke Jakarta melalui stasiun Harjamukti (20/1/2021). /INKA
Sebanyak 19 trainset dari total 31 trainset LRT Jabodebek telah dikirim ke Jakarta melalui stasiun Harjamukti (20/1/2021). /INKA

Bisnis.com, JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI terus melakukan persiapan guna mendukung operasional LRT Jabodebek yang direncanakan beroperasi pada pertengahan 2022. Saat ini, persiapan KAI difokuskan pada aspek sarana dan prasarana.

VP Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan progres terbaru pada 3-4 April 2021, KAI melalui Divisi LRT Jabodebek melakukan unloading sarana LRT yakni TS20 (trainset ke-20) dan TS21 (trainset ke-21) di Stasiun Harjamukti, Depok, Jawa Barat.

Dia menyebut TS20 dan TS21 ini dikirim langsung dari pabrikannya yakni PT INKA, Madiun menuju Stasiun LRT Harjamukti. Masing-masing rangkaian ini terdiri dari 6 kereta.

“Sebelum dikirim ke Stasiun Harjamukti, kereta telah melalui pengujian statis di Madiun dan selanjutnya akan melalui uji dinamis dari Stasiun Harjamukti sampai Stasiun Taman Mini, Jakarta. Proses pengiriman sarana berjalan baik, demikian pula dengan proses unloading-nya. Pun untuk berbagai tahapan ujinya kita harapkan berjalan lancar,” ujarnya dalam siaran pers, Rabu (7/4/2021).

Joni menuturkan, tibanya TS20 dan TS21 ini berarti menambah jumlah trainset LRT yang sudah tiba di Stasiun Harjamukti menjadi 21 trainset. Selanjutnya, masih terdapat 10 trainset yang akan dikirim oleh INKA secara berkala.

Dari sisi sarana ungkapnya, kereta LRT Jabodebek memiliki lebar badan kereta maksimum 2.650 mm dan tinggi atap kereta maksimum 3.685 mm, sedangkan lebar relnya 1.435 mm. Satu rangkaian LRT Jabodebek ini memiliki kapasitas angkut 740 orang pada kondisi normal, dan 1.308 penumpang pada kondisi padat dengan konfigurasi 174 penumpang duduk dan 566 penumpang berdiri. LRT ini memiliki kecepatan operasi maksimum 80 km/jam, dan kecepatan desain 90 km/jam.

Dia menambahkan, LRT Jabodebek memiliki sistem persinyalan Moving Block CBTC GoA-3 (driverless) yang merupakan sistem persinyalan GOA-3 pertama di Indonesia.

"Sama seperti pendahulunya LRT Sumatera Selatan, LRT Jabodebek juga menggunakan teknologi Third Rail System atau Sistem Rel Ketiga untuk menghantarkan listrik sebagai daya penggerak kereta. Selain itu, LRT Jabodebek menggunakan sistem keselamatan Automatic Train Protection [ATP]," jelasnya.

Sementara dari sisi prasarana lanjutnya, per 31 Maret 2021, lintas pelayanan 1 (Cawang-Cibubur) sudah 98,98 persen, Lintas Pelayanan 2 (Cawang-Kuningan-Dukuh Atas) sudah 85,58 persen, dan lintas pelayanan 3 (Cawang - Bekasi Timur) sudah 89,97 persen.

“Sepanjang tahun 2021 ini, pengiriman sarana masih akan dilakukan, serta berbagai uji terhadap operasional LRT Jabodebek terus dilaksanakan. Kita berharap LRT Jabodebek dapat beroperasi sesuai yang telah direncanakan demi mewujudkan integrasi antarmoda yang semakin maju di Jabodetabek,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rahmi Yati

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper