Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Direnovasi Sejak 2019, Pasar Pariaman Resmi Beroperasi

Kementerian PUPR mengeluarkan anggaran senilai Rp92 miliar untuk proyek revitalisasi Pasar Pariaman seja akhir 2019. Adapun, pemenang lelang paket konstruksi tersebut dimenangkan oleh PT Wika Gedung.
Andi M. Arief
Andi M. Arief - Bisnis.com 06 April 2021  |  20:22 WIB
Pasar Rakyat Pariaman - Antara
Pasar Rakyat Pariaman - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat) menyatakan revitalisasi Pasar Pariaman telah rampung. Adapun, revitalisasi pasar yang berumur lebih dari 100 tahun tersebut menggunakan konsep bangunan hijau dan fasilitas untuk menghadapi bencana alam.

Direktur Prasarana Strategis Ditjen Cipta Karya Kementerian PUPR Iwan Suprijanto mengatakan konsep bangunan hijau dapat mengurangi penggunaan energi. Pasalnya, konsep bangunan hijau membuat Pasar Pariaman memiliki sirkulasi udara dan pencahayaan yang baik.

"Untuk lantai 4 dilengkapi konstruksi atap dak beton sebagai shelter apabila terjadi bencana tsunami. Pasar juga dilengkapi fasilitas ramp seperti jalur evakuasi apabila terjadi gempa," katanya dalam keterangan resmi, Selasa (6/4/2021).

Kementerian PUPR mengeluarkan anggaran senilai Rp92 miliar untuk proyek revitalisasi Pasar Pariaman seja akhir 2019. Adapun, pemenang lelang paket konstruksi tersebut dimenangkan oleh PT Wika Gedung.

Seperti diketahui, Pasar Pariaman memiliki luas tanah sekitar 4,56 hektar dengan luas bangunan 10,88 hektar.Pasar tersebut kini dapat menampung 362 kios dan 200 los yang didirikan di area 530 meter persegi.

Untuk diketahui, Pasar Rakyat Kota Pariaman mengalami kerusakan cukup parah akibat bencana kebakaran pada 1988. Bangunan pasar juga sempat digoyang gempa tektonik 8,3 SR yang berpusat di Kepulauan Mentawai pada 2016 lalu. Kerusakan struktur dapat membahayakan keselamatan pengunjung pasar sehingga perlu dilakukan renovasi.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengatakan Pasar Pariaman dapat menjadi bagian dari layanan wisata karena lokasinya berada di pusat kegiatan kota dan dekat dengan Pantai Gandoriah. Oleh karena itu, Ma'ruf mendorong Kepala Daerah untuk melaksanakan vaksinasi COVID-19 kepada para pedagang serta mensosialisasikan protokol kesehatan.

"Pasar Pariaman diharapkan menjadi destinasi wisata belanja produk dalam negeri, sehingga juga bisa meningkatkan sektor ekonomi dari UMKM maupun pariwisata," katanya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sumbar
Editor : Andhika Anggoro Wening

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top