Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Menko Perekonomian Airlangga Paparkan 4 Pilar Kembangkan Ekonomi Digital

Tujuan langkah strategis ini dalam rangka mewujudkan visi utama, yaitu pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan dan inklusif dengan optimalisasi di sektor digital.
Jaffry Prabu Prakoso
Jaffry Prabu Prakoso - Bisnis.com 05 April 2021  |  09:32 WIB
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto / Youtube Sekretariat Presiden RI
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto / Youtube Sekretariat Presiden RI

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan bahwa tahun lalu pemerintah telah berdiskusi untuk mengembangkan langkah strategis ekonomi digital.

Tujuannya untuk mewujudkan visi utama, yaitu pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan dan inklusif dengan optimalisasi di sektor digital.

“Strategi tersebut disusun dengan memperhatikan kompleksitas dan keterkaitan berbagai kebijakan antara berbagai otoritas serta kebutuhan para pemangku kepentingan baik di pusat mauun daerah,” katanya melalui sambutan digital, Senin (5/4/2021).

Airlangga menjelaskan bahwa langkah strategis untuk mengembangkan ekonomi digital didukung oleh empat pilar yang dipetakan sesuai dengan prioritas nasional dan program unggulan pemerintah.

Pilar pertama yaitu pengembangan sumber daya manusia khususnya talenta digital yang memiliki keterampilan dalam sains dan teknologi. Kedua, infrastruktur digital dan fisik yang kuat yang dibutuhkan untuk meningkatkan ekonomi dan penciptaan lapangan kerja di dua sektor tersebut.

Ketiga yaitu penyederhanaan berbagai birokrasi dengan berbagai aturan dan standar yang mendukung dan mengurangi tantangan inovasi.

Terakhir, riset dan inovasi digital yang diperlukan untuk menghasilkan nilai tambah industri dan mengurangi ketergantungan sumber daya alam serta transformasi ekonomi.

Langkah strategis ekonomi digital ini, terang Airlangga, juga menyangkut lintas sektoral. Semua lini harus mempercepat digitalisasi di sektor bisnis.

Kemudian, berbagai macam peluang dan pengembangan untuk mendorong konektivitas digital yang dimanfaaatkan secara setara oleh seluruh pemangku kepentingan dan koordirnasi lintas sekotoral baik pusat dan daerah.

“Untuk mendukung implementasi lintas sektoral, berbagi action plan dilakukan baik inisiatif maupun program pemerintah yang bisa dilakukan dalam jangka pendek,menengah, dan panjang untuk mewujudkan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan serta inklusif dan juga optimalisasi pemanfaatan ekonomi digital itu sendiri,” jelasnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

airlangga hartarto ekonomi digital
Editor : Hadijah Alaydrus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top