Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Hadapi Mudik Lebaran 2021, Hutama Karya Siapkan JTTS

Direktur Operasi III Hutama Karya Koentjoro mengatakan pihaknya tetap mendukung pemerintah dalam melarang masyarakat untuk tidak mudik saat liburan panjang Lebaran 2021. Namun demikian, Koentjoro menilai pihaknya harus tetap menyiapkan JTTS dalam menghadapi musim Miduk Lebaran 2021.
Andi M. Arief
Andi M. Arief - Bisnis.com 01 April 2021  |  23:07 WIB
Karyawan berada didekat logo Hutama Karya. Bisnis - Arief Hermawan P
Karyawan berada didekat logo Hutama Karya. Bisnis - Arief Hermawan P

Bisnis.com, JAKARTA - PT Hutama Karya (Persero) menyatakan jalan tol sepanjang 530 kilometer yang telah beroperasi di Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS) siap dilalui oleh pengendara.

Direktur Operasi III Hutama Karya Koentjoro mengatakan pihaknya tetap mendukung pemerintah dalam melarang masyarakat untuk tidak mudik saat liburan panjang Lebaran 2021. Namun demikian, Koentjoro menilai pihaknya harus tetap menyiapkan JTTS dalam menghadapi musim Miduk Lebaran 2021.

"Kami merasa perlu tetap dilakukan persiapan guna mengantisipasi adanya lonjakan lalu lintas kendaraan mengingat saat ini masyarakat telah menerapkan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) dan sebagian besar masyarakat juga sudah diberikan vaksin,” katanya dalam keterangan resmi, Kamis (1/4/2021).

Oleh karena itu, Koentjoro telah bekerja sama dengan pihak berwajib untuk mempersiapkan JTTS menghadapi musim Mudik Lebaran 2021. Salah satu peningkatan keamanan yang dilakukan adalah menyediakan Pos Pantau di rest area dan beberapa Pos Pengamanan di sepanjang jalan tol.

Selain itu, lanjutnya, perseroan juga menyiapkan mobile reader untuk mempercepat transaksi di gerbang tol dan menyediakan layanan bengkel, Di samping itu, Koentjoro menyatakan pihaknya juga memastikan ketersediaan suplai BBM di setiap SPBU di rest area sepanjang JTTS.

Koentjoro berujar telah menyiapkan beberapa pos kesehatan gratis di ruas jallan tol dengan VLL yang tinggi. Adapun, ruas jalan tol yang dimaksud adalah Jalan Tol Terbanggi Besar – Pematang Panggang – Kayu Agung (Terpeka), Ruas Tol Bakauheni – Terbanggi Besar (Bakter) dan Ruas Tol Pekanbaru – Dumai (Permai).

Di sisi lain, Koentjoro mengatakan sedang ada perbaikan di beberapa titik JTTS, yakni Ruas Bakauheni – Terbanggi besar terutama jalur menuju pelabuhan Bakauheni dan Ruas Terbanggi Besar – Pematang Panggang – Kayu Agung dilakukan perbaikan di KM 140, KM 187 – 191, KM 240, KM 257.

“Dalam menghadapi persiapan libur ini, pihak manajemen juga telah mempersiapkan 12 rest area yang terdapat di Ruas Bakauheni – Terbanggi Besar yang terletak di KM 20 A & B, KM 33 A & B, KM 49 A & B, KM 67 A & B, KM 87 A & B, KM 116 A & B. Sedangkan di Ruas Terbanggi Besar – Pematang Panggang – Kayu Agung terdapat 9 rest area yang terletak di KM 163 A, KM 172 B, KM 208 A, KM 215 B, KM 234 A, KM 269 B, KM 277 A, KM 306 B, dan KM 311 A.” ucapnya.

Pada Jalan Tol Pekanbaru-Dumai, Koentjoro berujar sedang menyiapkan empat rest area sementara dengan fasilitas SPBU, tenant UMKM, minimarket, dan musholla.

Seperti diketahui, saat ini ruas yang sudah dioperasikan di JTTS yakni, Ruas Tol Bakauheni – Terbanggi Besar, Ruas Terbanggi Besar - Pematang Panggang - Kayu Agung, Ruas Palembang – Indralaya, Ruas Medan – Binjai Seksi, Ruas Pekanbaru – Dumai, dan Ruas Sigli – Banda Aceh Seksi III & IV.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

hutama karya Mudik Lebaran
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top